Sukses

Health

Susu Segar Pasteurisasi Berkualitas Jadi Kunci Melengkapi Kebutuhan Nutrisi Protein Hewani Anak untuk Cegah Stunting

Fimela.com, Jakarta Stunting masih menjadi salah satu permasalahan gizi prioritas karena memengaruhi kesehatan anak secara menyeluruh hingga dewasa. Meski prevalensinya berkurang, pemerintah masih membutuhkan dukungan semua pihak untuk mencapai target penurunan hingga 14% pada 2024.

Dalam semangat perayaan Hari Gizi Nasional 2024, PT Greenfields Dairy Indonesia atau Greenfields kembali menggelar Ngopi Susu (Ngobrolin Pilihan Susu) dengan tema "Cermat Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak." Selain pemberian ASI eksklusif, Kemenkes RI menggalakkan edukasi pentingnya penyajian MPASI yang kuat dan menekankan pemberian protein hewani, terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan, sehingga Greenfields turut berkontribusi misi edukasi pemerintah ini lewat sesi Ngopi Susu yang terbaru.

Susu merupakan salah satu sumber protein hewani kaya gizi yang berperan penting selama masa emas pertumbuhan anak karena bisa membantu mencukupi kebutuhan kalori dan energi mereka. Pemberian susu pada anak juga direkomendasikan WHO dalam "Pedoman Baru Pemberian Makanan Pendamping ASI untuk Anak Usia 6-23 Bulan," yang telah diperbarui.

Secara khusus, WHO mengarahkan pemberian susu jenis fresh milk pasteurisasi untuk melengkapi menu hidangan anak usia 12 bulan ke atas. Fresh milk pasteurisasi yang berkualitas, lebih unggul dari susu jenis lainnya karena hanya melalui proses pasteurisasi yang tidak mengurangi atau mengubah kandungan nutrisi alami susu, sehingga masih mengandung banyak zat gizi penting yang mudah dicerna untuk tumbuh kembang anak, seperti asam amino dan berbagai nutrisi bioactive.

 

 

Pentingnya pemenuhan nutrisi protein hewani anak dengan mengonsumsi fresh milk pasteurisasi

Menanggapi kebutuhan keluarga Indonesia untuk memenuhi nutrisi sehari-hari, khususnya dalam upaya pencegahan stunting, Greenfields secara serius memastikan kontrol penuh atas kualitas dan nutrisi produk, maupun dampak yang mungkin dihasilkan selama proses produksi. Greenfields bahkan berinvestasi membangun peternakan terbesar di Indonesia untuk menerapkan best practice dairy farming management, menjamin baiknya kuantitas dan kualitas produk mulai dari peternakan, proses produksi hingga tiba di tangan konsumen.

Greenfields memiliki berbagai pilihan fresh milk pasteurisasi, yaitu fresh milk pasteurisasi full cream, low maupun non-fat, dan fresh milk pasteurisasi Jersey. Tidak hanya itu, Greenfields merupakan satu-satunya brand yang memproduksi susu sapi Jersey.

Varian rasanya pun bisa disesuaikan dengan keinginan, seperti cokelat dan stoberi. Seluruh fresh milk pasteurisasi Greenfields dikemas dalam berbagai ukuran dan tahan pada suhu ruang selama 4 jam dalam kondisi tertutup.

Pentingnya pemenuhan nutrisi protein hewani anak dengan mengonsumsi fresh milk pasteurisasi

"Sebagai 100% integrated dairy business terbesar asli Indonesia, selama hampir 27 tahun, Greenfields senantiasa #BeraniEXTRA menyediakan nutrisi terbaik melalui produk-produk yang berkualitas. Sejalan dengan misi peringatan Hari Gizi Nasional 2024, kali ini Greenfields ingin mendorong keluarga Indonesia lebih cermat memahami asupan nutrisi terbaik bagi anak, khususnya protein hewani yang di antaranya adalah susu. Pastikan hanya memilih yang bersumber dari 100% susu segar, berkualitas, dan terjaga kesegarannya," jelas Fiona Anjani Foebe, Chief Marketing Officer Greenfields Indonesia.

Hal ini didukung oleh dr. Radhian Amandito, Sp. A., Dokter Spesialis Ilmu Kesehatan Anak RS Pondok Indah. Menurut dr. Radhian, 1.000 HPK adalah hari-hari krusial yang menjadi penentu kondisi kesehatan anak ke depannya, sehingga harus mendapat perhatian lebih besar.

"Sebagai contoh, bayi usia 12-23 bulan membutuhkan sekitar 1.000 kalori per harinya. Ini baru kebutuhan gizi makro, belum zat gizi mikro lainnya seperti vitamin dan mineral. Dengan kata lain, selain makanan dengan gizi seimbang yang cukup jumlah dan kualitas, susu dibutuhkan untuk mengisi jumlah asupan nutrisi yang belum terpenuhi, tambah dr. Radhian.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading