Sukses

Health

Cara Membuat Rebusan Bawang Putih untuk Mengatasi Flu dan Batuk

Fimela.com, Jakarta Halo, Sahabat Fimela! Musim yang tidak stabil dapat mengakibatkan sakit terutama yang mengganggu sistem pernapasan. Salah satunya adalah flu dan batuk yang marak terjadi mengganggu kegiatan sehari-hari. Alih-alih menggunakan obat, kamu bisa mengatasinya dengan bahan alami.

Tahukah kamu ternyata flu dan batuk sangat mudah diatasi hanya dengan menggunakan rebusan bawang putih. Seperti yang dilansir dari healthline, bawang putih efektif sebagai pengobatan untuk mencegah flu dan batuk. Cukup sediakan bawang putih mentah atau ekstrak bawang putih yang sudah tua untuk memaksimalkan penyembuhannya.

Sahabat Fimela, berikut uraian penjelasan bagaimana cara memanfaatkan rebusan bawang putih untuk mengatasi flu dan batuk. Cek penjelasannya di bawah ini.

Bahan dan Cara Membuat

Alat

  • Gelas atau botol yang memiliki tutup.

Bahan

  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • 4 sendok madu
  • Air secukupnya

Cara Membuat 

  1. Potong dan kupas jahe juga bawang putih 
  2. Kemudian masukan bawang putih ke dalam gelas yang sudah ditambahkan madu dan air secukupnya 
  3. Tambahkan jahe secukupnya
  4. Lalu ditutup dan didiamkan sampai agak mengental 
  5. Mulai minum dan jadikan obat dengan takaran 1 sendok - 2/3x sehari

Ternyata bawang putih jika diolah dengan cara yang berbeda dapat mengubah manfaat kesehatannya. Dikutip dari Healthline.com bawang putih dipercaya memiliki enzim alliinase, yang mengubah alliin menjadi allicin dan bermanfaat untuk bekerja dalam kondisi tertentu yang dapat menambah imun. 

Sahabat Fimela, demikian cara membuat rebusan bawang putih yang mujarab untuk atasi batuk dan flu. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan dan imun tubuh ya!

Penulis: Yosefin Natalie

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading