Sukses

Health

10 Jenis Makanan yang Sehat Dikonsumsi untuk Menaikan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Memiliki tubuh yang kurus bisa menjadi masalah mendasar dalam diri seseorang. Tubuh kurs bisa membuatmu tampil tidak percaya diri, bahkan kamu sudah berusaha keras agar terlihat gemuk. Perlu diketahui, bahwa menambah berat badan tidak selalu dengan melakukan banyak makan atau menambah porsi makan harianmu. Justru menambah berat badan sama halnya dengan diet menurunkan berat badan, yakni kamu perlu mengonsumsi makanan sehat yang bisa menambah berat badan.

Orang-orang mengonsumsi berbagai suplemen dan makanan tidak sehat untuk menambah berat badan dengan cepat tanpa penelitian yang tepat. Hal ini dapat menyebabkan mereka mengalami masalah kesehatan, jadi berpikirlah dua kali sebelum makan apa pun. Sebaliknya, makanlah makanan sehat yang membentuk otot dan meningkatkan kekuatanmu. Jika kamu sedang mencoba menambah berat badan, berikut beberapa pilihan makanan sehat yang sebaiknya kamu konsumsi. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Susu

Susu merupakan makanan yang lengkap karena kaya akan segala nutrisi yang penting bagi tubuh kita. Ini tinggi protein, kalsium, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin. Ini adalah sumber protein luar biasa yang menyediakan protein kasein. Minum susu dapat membantumu menambah massa otot pada tubuh. Cobalah minum dua gelas susu per hari setelah makan atau sebelum atau sesudah berolahraga.

2. Nasi

Beras adalah salah satu sumber karbohidrat yang mudah dan murah yang penting untuk menambah berat badan. Nasi juga merupakan makanan padat kalori yang berarti kamu bisa mendapatkan karbohidrat dan kalori dari satu porsi. Satu cangkir nasi menyediakan sekitar 200 kalori yang berkontribusi menambah berat badan.

Sahabat Fimela bisa menyantap nasi dengan berbagai kari dan sayuran yang tinggi protein. Ini adalah cara termudah untuk menambah rasa, kalori, dan tambahan protein.

3. Buah-buahan Kering

Mengonsumsi buah-buahan kering dapat bermanfaat untuk menambah berat badan. Makanan super ini mengandung berbagai antioksidan, protein, kalori, dan zat gizi mikro. Semua jenis buah kering memiliki kandungan gula alami yang tinggi sehingga bagus untuk menambah berat badan. Kamu bisa memakannya mentah atau dipanggang serta menambahkannya ke dalam yoghurt, smoothie. Segenggam buah-buahan kering setiap hari seperti almond, kenari, dan kacang mete adalah yang terbaik untuk menambah berat badan.

4. Smoothies

Smoothie buatan sendiri jauh lebih sehat daripada suplemen protein siap pakai. Smoothies paling efektif membantu pembentukan otot jika diminum segera setelah berolahraga. Minuman ini juga kaya akan vitamin dan rasa. Berikut beberapa contoh smoothie buatan sendiri yang dapat membantu menambah berat badan dengan cepat, seperti chocolate banana nut shake, vanilla berry shake, chocolate hazelnut shake, dan super green shake.

5. Daging Merah

Daging merah adalah sumber kaya protein yang membantu membangun otot dan menambah berat badan. Mengandung leusin dan kreatin, nutrisi yang berperan penting dalam meningkatkan massa otot. Steak dan daging merah lainnya mengandung protein dan lemak, yang meningkatkan berat badan. Otot berlemak dan tanpa lemak menyediakan protein yang dapat membantumu menambah berat badan. Salah satu sumber terbaik adalah hidangan daging sapi berlemak.

6. Ikan Berlemak dan Berminyak

Ikan berlemak seperti salmon kaya akan asam lemak esensial dan protein. Mereka membantu menambah berat badan dan juga meningkatkan kekebalan tubuh. Omega-3 yang ada pada ikan ini merupakan sumber terbaik yang penting untuk penambahan berat badan. Kamu bisa menyiapkan berbagai hidangan dari salmon seperti ikan kukus, ikan goreng, dan salmon asap.

7. Kentang dan Pati

Makanan bertepung seperti kentang dan jagung adalah pilihan yang terkenal dan lezat untuk menambah berat badan dengan cepat. Ini adalah pilihan hemat biaya yang memberikan kalori ekstra untuk tubuh. Makanan ini mengandung karbohidrat dan kalori yang meningkatkan simpanan glikogen otot. Banyak dari makanan bertepung ini memiliki sumber karbohidrat yang juga menyediakan nutrisi dan serat penting, serta pati resisten, yang dapat membantu menyehatkan bakteri usus.

8. Roti Gandum Utuh

Roti gandum utuh yang sederhana merupakan sumber karbohidrat yang baik yang akan menambah berat badanmu. Mereka bisa menjadi makanan seimbang bila disiapkan dengan sumber protein seperti telur, daging, dan keju. Bakteri baik yang hidup dalam adonan penghuni pertama memberi makan bakteri di usus yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

9. Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak, antioksidan, vitamin, dan serat yang sangat baik. Kamu bisa makan alpukat sebagai makanan utama, sandwich, dan hidangan lain yang penting untuk menambah berat badan.

10. Telur Utuh

Telur utuh adalah pilihan terbaik bagi ahli gizi untuk menambah berat badan karena kaya akan protein, kalsium, dan lemak sehat. Mereka adalah makanan pembentuk otot yang mudah didapat. Telur utuh harus dimakan, kuning telurnya sangat bermanfaat.

Ada banyak makanan dan suplemen yang tersedia yang membantumu menambah berat badan. Namun, daripada mencoba memanjakan diri dengan banyak makanan manis atau berlemak, pilihlah makanan berkalori tinggi yang memberikan energi dan membangun massa otot tanpa semua lemak tidak sehat yang dapat membahayakan tubuhmu.

11. Lemak dan Minyak Sehat

Minyak sehat sangat padat kalori dan tidak memiliki efek negatif seperti minyak tidak sehat lainnya. Kamu bisa menambahkan minyak ini ke saus salad, sebagai bumbu dasar, atau untuk memasak. Minyak alpukat, minyak Zaitun Extra Virgin, dan minyak kelapa merupakan tiga minyak sehat yang dapat membantu meningkatkan asupan kalorimu. Metode lain untuk memasukkan minyak sehat ke dalam makananmu adalah dengan menambahkan salah satu minyak ini dengan sedikit mentega ke dalam kopi.

Sekian beberapa jenis makanan sehat yang bisa diokonsumsi untuk menambah berat badan. Pastikan kamu memilih makanan yang sehat mengandung banyak protein dan karbohidrat yang sehat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading