Sukses

Health

Tips Menjaga Kesehatan Gigi untuk Cegah Bau Mulut dan Berwarna Kuning

Fimela.com, Jakarta Kesehatan gigi dan mulut membawa dampak pada kesehatan dan penampilan secara signifikan. Siapa yang tidak menginginkan gigi sehat? Kamu pasti ingin memiliki gigi yang sehat agar kesehatan mulut lebih terjaga. Untuk melakukannya, kamu harus merawat gigi dengan baik dan benar. Banyak orang menganggap mengunjungi dokter gigi atau mulai merawat gigi hanya ketika masalah dan penyakit gigi semakin parah. Seperti gigi berlubang, berkarang, menguning, dan lainnya. 

Sayangnya, yang benar untuk merawat kesehatan mulut terutama gigi harus dijaga sejak awal. Tips penting untuk menjaga kesehatan gigi antara lain menyikat gigi secara teratur, menggunakan pasta gigi dengan bahan yang dianjurkan, membersihkan gigi dengan benang sehari sekali, rutin memeriksa gigi ke dokter gigi, menghindari rokok, menggunakan obat kumur, membatasi makanan manis dan bertepung, serta mengonsumsi air putih dibandingkan minuman perasa.

Perawatan gigi yang baik sebaiknya dimulai dari sekarang. Akan lebih baik jika mulai dari kecil hingga dewasa dapat mencegah banyak masalah gigi seperti penumpukan bakteri, plak, dan kerusakan gigi. Pastikan selalu menyikat gigi sebelum tidur dan tidak makan sembarangan terutama yang manis dan bertepung. Selain itu, rutin ke dokter gigi juga sangat penting. Akan lebih baik jika kamu mencabut gigi susu sedari kecil di dokter gigi agar tumbuh dengan baik dan tidak menghalangi pertumbuhan gigi yang lain.

Jika kamu rajin pergi ke dokter gigi secara teratur maka itu akan membantu mengidentifikasi masalah gigi dan mengobatinya sesuai dengan permasalahan yang kamu punya. Sahabat Fimela, berikut ini adalah tips untuk menjaga kesehatan gigi yang perlu kamu ketahui.

Sikat Gigi Teratur dan Teknik yang Benar

Pentingnya menyikat gigi minimal dua kali sehari untuk menghilangkan bakteri dan plak. Akan lebih baik jika setelah makan dan sebelum tidur kamu menyikat gigi. Karena, baik sebelum tidur maupun setelah makan, bakteri dalam makanan kamu akan berkembang dan menimbulkan lubang jika tidak dibersihkan. Menyikat gigi hanya akan efektif jika dilakukan dengan benar. Lakukan gerakan memutar jika menggosok gigi bukan dari kiri ke kanan. Buat bentuk lingkaran saat menyikat gigi, agar gusi tidak menghitam dan akar gigi menjadi terlihat. Hal ini baik untuk menjaga gigi dan gusi tetap kuat dan terlihat lebih teratur. Menyikat gigi dengan gerakan memutar merupakan cara menyikat gigi yang benar, dengan memperhatikan kebersihan bagian depan, belakang, dan atas setiap gigi. Menggergaji dengan gerakan maju mundur bukanlah cara menyikat gigi yang disarankan. Menyikat gigi terlalu keras dapat merusak enamel gigi dan gusi.

Menggunakan Pasta Gigi Fluorida

Fluoride membantu mencegah gigi berlubang. Kekurangan fluoride mempercepat kerusakan gigi meskipun kamu sudah menyikat gigi secara teratur. Oleh karena itu kamu harus mempertimbangkan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluorida sebagai bahan di dalamnya. Agar tetap kuat dan tidak menguning.

Gunakan Benang Gigi Sekali Sehari

Flossing sekali sehari dapat membantu menghilangkan plak dan bakteri di sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Lakukan ini agar tidak ada bakteri dan segala sesuatu setelah kamu makan tertinggal maupun terselip di sela-sela gigi. 

Kunjungi Dokter Gigi Secara Teratur

Penting untuk menemui dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Selama pemeriksaan rutin, dokter gigi akan membersihkan gigi dan menghilangkan karang gigi dan plak yang mengeras. Selain itu mereka akan mengatasi permasalahan yang ada dengan cara yang tepat dan waktu yang pas. 

Hindari Merokok

Merokok akan merusak sistem kekebalan dan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan jaringan yang rusak, termasuk jaringan di mulut. Merokok beresiko menyebabkan penyakit gusi. Merokok juga mempengaruhi penampilan gigi karena akan terlihat kuning setelah kamu merokok selama beberapa waktu.

Menggunakan Obat Kumur

Penggunaan obat kumur sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi karena mengandung bahan antibakteri. Bahan-bahan ini membantu menghilangkan plak dan bakteri serta menjaga gigi kamu tetap bersih dan sehat.

Batasi Makanan dan Minuman Manis

Mengonsumsi gula dapat menyebabkan gigi berlubang. WHO merekomendasikan agar masyarakat membatasi konsumsi gula di bawah 10 persen dari dosis harian kalori yang direkomendasikan. Membatasi hingga 5 persen dapat semakin mengurangi risiko gigi berlubang. Selain makanan manis makanan bertepung juga menyebabkan kerusakan gigi. Jika kamu memang menyukai makanan manis kamu bisa langsung menyikat gigi beberapa menit setelah kamu makan.

Minum Air Putih

Akan jauh lebih baik jika kamu minum air putih dan bukan minuman manis untuk menjaga kesehatan gigi. Terlalu banyak asupan gula dapat menyebabkan masalah mulut yang serius.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan sehari-hari untuk menjaga gigi kamu tetap sehat dan tidak berlubang. Semoga tips ini bermanfaat ya buat kamu yang sedang ingin menjaga kesehatan mulut dan menjaga penampilan. 

Penulis : Yosefin Natalie

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading