Sukses

Health

5 Penyebab Karies Gigi yang Wajib Disadari

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela memiliki masalah gigi berlubang? Gigi berlubang atau karies gigi adalah penyakit yang menyerang gigi dan mengakibatkan kerusakan jaringan. Karies gigi dapat di pengaruhi saliva, mikroorganisme, substrat dan waktu.

Lama kelamaan, keempat pengaruh karies gigi ini akan berkembang dan menyebabkan kerusakan pada email gigi hingga ke dentin. Karies gigi dapat dialami usia anak-anak maupun dewasa, yang ditandai dengan munculnya plak dan sakit gigi. Untuk itu, karies gigi ini harus segera dicegah dan diatasi.

Tak perlu takut untuk berkonsultasi pada dokter gigi, jika mengalami gangguan pada gigi. Hindari juga beberapa penyebab terjadinya karies gigi. Berikut penyebab karies gigi yang jarang disadari:

Penyebab Karies Gigi

1. Sering Mengonsumsi Makanan Manis

Ternyata makanan manis bisa menjadi penyebab karies pada gigi. Makanan manis yang menempel pada gigi, akan menimbulkan zat asam yang membentuk plak gigi, yang kemudian menyebabkan gigi berlubang. Sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan manis dan segera gosok gigi setelah makan.

2. Kopi

Ada baiknya Sahabat Fimela mengurangi kopi. Karena kopi mengandung unsur asam yang menyebabkan karies gigi. Kandungan tanin yang terdapat dalam kopi memicu terbentuknya karang gigi hingga gigi berlubang. Bahkan kopi bisa menyebabkan warna gigi menjadi kuning dan bau mulut tidak sedap.

3. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan adalah yang diolah dengan beberapa proses masak, sehingga nutrisi yang terkandung di dalamnya akan berkurang. Dalam karbohidrat olahan mengandung gluten yang tinggi. Kandungan ini disukai dengan mikroorganisme di mulut, sehingga akan menyebabkan karies pada gigi.

Penyebab Karies Gigi yang Selanjutnya

4. Jarang Menggosok Gigi

Gosok gigi sangat penting dilakukan untuk mencegah karies gigi. Biasanya sisi makanan akan membentuk plak di gigi. Kemudian plak tersebut akan berubah menjadi karies dan gigi berlubang.

5. Faktor Usia

Karies gigi bisa disebabkan karena faktor usia. Semakin bertambahnya usia, kalsium pada gigi akan berkurang, sehingga karies gigi akan berisiko pada orang yang berusia lanjut. Meskipun anak-anak dan remaja juga bisa terkena karies gigi.

Cara Menghilangkan Karies Gigi

Cara menghilangkan karies gigi paling mudah adalah dengan rajin merawat dan membersihkan gigi. Sahabat Fimela harus rajin menggosok gigi, setelah makan dan sebelum tidur. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk mencegah gigi berlubang.

Obat kumur yang memiliki kandungan chlorhexidine glukonat bisa digunakan untuk membersihkan gigi. Kandungan tersebut bisa dijadikan sebagai anti bakteri pada gigi. Usahakan untuk berkumur selama 1 menit, lalu jangan mengonsumsi apapun selama 30 menit setelah berkumur.

Jika terdapat karang gigi, gigi mulai menguning dan merasakan sakit gigi, sebaiknya segera periksa ke dokter gigi. Dokter gigi akan memberikan perawatan dan pengobatan gigi dengan baik. Jika gigi sudah mulai berlubang, biasanya dokter gigi akan memberikan tindakan tambal gigi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading