Sukses

Health

5 Manfaat Air Rebusan Daun Salam, Bantu Cegah Naiknya Gula Darah dan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Daun salam biasanya dikenal sebagai bumbu masak yang dapat menambahkan aroma dan rasa pada hidangan. Jumlahnya yang melimpah di Indonesia dan harga yang terjangkau membuatnya sangat populer dalam berbagai hidangan khas Indonesia. Selain aroma khas yang dihadirkannya dalam masakan, daun salam juga mengandung senyawa-senyawa bermanfaat bagi kesehatan seperti niacin, serat, tannin, dan vitamin C yang dapat membantu menurunkan kadar gliserida dalam tubuh. Manfaat langsungnya bagi kesehatan cukup beragam.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari konsumsi daun salam, dikutip dari berbagai sumber pada hari Selasa, 5 Maret 2024.

1. Sebagai Obat Asam Urat

Menurut laporan dari jpnn.com, daun salam diyakini memiliki khasiat dalam membantu mengurangi tingkat asam urat. Untuk memperoleh manfaat yang optimal, direkomendasikan untuk mengonsumsi daun salam dalam bentuk air rebusan dan diminum dua kali sehari.

2. Membantu Turunkan Kolesterol

Untuk individu yang mengalami masalah kolesterol tinggi, daun salam dapat digunakan sebagai penawar alami guna menjaga tingkat kolesterol tubuh agar tetap stabil. Selain dimasukkan ke dalam hidangan, mengonsumsi daun tersebut dalam bentuk air rebusan akan lebih optimal dalam memperoleh manfaatnya.

3. Sebagai Obat Diabetes

Menurut laporan yang dikutip dari jpnn.com, sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi daun salam memiliki manfaat yang positif bagi penderita diabetes tipe-2. Hal ini dikarenakan daun salam mampu memperbaiki metabolisme glukosa, menurunkan kadar LDL, serta meningkatkan HDL.

4. Bantu Menghilangkan Racun dalam Tubuh

Fungsi enzim yang terkandung dalam daun salam adalah untuk meningkatkan kelancaran pencernaan. Dampaknya adalah memungkinkan racun-racun dalam tubuh untuk segera dikeluarkan melalui sistem pencernaan yang berfungsi optimal.

5. Mencegah Batu Ginjal

Hasil penelitian pada tahun 2014 menunjukkan bahwa daun salam dapat membantu menurunkan tingkat urease dalam tubuh, yang merupakan protein yang berperan dalam pembentukan batu ginjal.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Air Rebusan Daun Salam?

Waktu yang baik untuk minum air rebusan daun salam adalah di pagi hari sebelum sarapan atau di malam hari sebelum tidur.

Berapa Lembar Daun Salam untuk Menurunkan Kolesterol?

Cara merebus daun salam untuk asam urat dan kolesterol ini sangatlah mudah. Hanya dengan merebus tiga gelas air dengan 10 lembar daun salam.

Daun Salam Sama Jahe Obat Apa?

Dikutip dari Health Shots (23/10/2023), mengonsumsi air rebusan daun salam dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Berapa Lama Minum Rebusan Daun Salam untuk Darah Tinggi?

Menurut Defriani (2016) mengemukakan bahwa mengkonsumsi rebusan daun salam sebanyak 2 kali sehari selama 1 minggu berpengaruh terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Apakah Rebusan Daun Salam Bisa Mengobati Asam Lambung?

Manfaat lain dari daun salam yaitu bisa menyembuhkan peradangan lambung. Peradangan yang terjadi di lambung bisa menyebabkan gangguan lain pada saluran pencernaan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading