Sukses

Health

7 Kebiasaan di Bulan Ramadan yang Cenderung Menaikkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan adalah bulan suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Kedatangan bulan ini ditandai dengan berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam. Selama bulan ini, banyak orang berusaha meningkatkan keimanan mereka melalui ibadah dan refleksi spiritual. Di bulan ini banyak orang juga mulai lebih memerhatikan lagi pola makan dan hidupnya. Ini juga digunakan sebagai kesempatan menurunkan berat badan. 

Meski begitu terkadang dalam prosesnya, ada beberapa kebiasaan di bulan Ramadan yang bukannya menurunkan berat badan, tapi justru menaikkan berat badan. Ada kebiasaan di bulan Ramadan yang ternyata memperburuk pola hidup. Berikut beberaoa kebiasaan tersebut Sahabat Fimela.

Mengonsumsi Makanan Berkalori Tinggi saat Berbuka

Ketika berbuka puasa, banyak orang cenderung mengonsumsi makanan berkalori tinggi yang kaya akan gula dan lemak. Padahal, tubuh telah berpuasa seharian dan rentan menyerap nutrisi dengan lebih cepat. Konsumsi makanan berkalori tinggi inilah yang rentan menyebabkan lonjakan gula darah. Ini juga memicu penimbunan lemak yang bikin berat badan naik secara drastis. 

Berlebihan dalam Mengonsumsi Makanan Manis dan Minuman Bersoda

Makanan manis seperti kue, kue kering, dan minuman bersoda seringkali menjadi santapan favorit saat berbuka puasa. Namun, makanan manis mengandung banyak gula tambahan yang menyebabkan lonjakan gula darah. Ini juga mengakibatkan penumpukan lemak jika tidak dikonsumsi dengan lebih bijak.

Kurangnya Konsumsi Air Putih

Kebanyakan orang cenderung kurang minum air saat berpuasa. Hal ini karena mereka khawatir akan merasa semakin haus saat beribadah. Akibatnya, dehidrasi bisa terjadi, yang sebenarnya cenderung menimbulkan rasa lapar yang salah diidentifikasi sebagai kehausan. 

Minum cukup air putih selama bulan Ramadan sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mengendalikan nafsu makan. Kurang konsumsi air putih, hanya akan membuatmu makan lebih banyak dan meningkatkan penimbunan lemak.

Kurangnya Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik cenderung berkurang selama bulan Ramadan. Kurangnya aktivitas fisik bisa mengurangi jumlah kalori yang dibakar tubuh. Hal ini lantas menyebabkan penumpukan lemak. Terlebih ketika asupan makanan sehari-hari tidak diatur dengan lebih bijak.

Berlebihan dalam Mengonsumsi Makanan Berlemak

Makanan berlemak seperti makanan berminyak dan gorengan, seringkali menjadi bagian dari menu berbuka puasa. Namun, makanan berlemak tinggi adalah memicu peningkatan berat badan paling tinggi jika dikonsumsi secara berlebihan. Lemak memiliki jumlah kalori yang tinggi per gramnya. Konsumsi berlebihan akan memicu penumpukan lemak di tubuh secara berlebihan.

Pola Makan yang Tidak Teratur

Pola makan yang tidak teratur selama bulan Ramadan, terutama dengan jadwal berbuka yang berubah-ubah, cenderung mengganggu metabolisme tubuh. Ini juga membuat tubuh sulit untuk mengatur nafsu makan. Kurangnya pola makan yang teratur rentan mengakibatkan makan berlebihan saat waktu berbuka tiba. Jika sudah seperti ini, tentunya hal ini bisa meningkatkan berat badan secara signifikan. 

Mengonsumsi Makanan Berlemak dan Berat sebelum Tidur

Banyak orang cenderung mengonsumsi makanan berat dan berlemak setelah sahur, atau saat tengah malam sebelum tidur selama Ramadan. Mengonsumsi makanan berat sebelum tidur, akan memperlambat proses pencernaan. Hal ini kemudian menyebabkan penimbunan lemak di tubuh yang bikin baiknya berat badan. 

Mengenali kebiasaan-kebiasaan ini dan mengatur pola makan serta gaya hidup yang lebih sehat, tentunya akan membantu mencegah kenaikan berat badan yang tidak diinginkan selama bulan Ramadan. Penting untuk tetap memperhatikan keseimbangan nutrisi, menjaga asupan makanan yang seimbang, dan memiliki aktivitas fisik cukup untuk mencegah kenaikan berat badan. Samoga informasi ini bermafaat dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading