Sukses

Health

Berani Berkata “Tidak”, Ini Tanda Kamu Sehat Secara Mental!

Fimela.com, Jakarta Sama pentingnya dengan kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya. Dikutip dari laman resmi World Health Organization, kesehatan mental adalah keadaan yang sejahtera secara mental dan memungkinan seseorang mengatasi tekanan hidup, menyadari kapasitas diri, dapat melakukan aktivitas dengan baik, dan dapat berkontribusi pada lingkungan sekitar. 

Berbagai permasalahan dapat muncul dari kondisi mental yang tidak baik, seperti munculnya rasa takut berlebihan atau rasa cemas yang tidak berujung. Oleh karena itu, sudah seharusnya setiap individu menjaga kesehatan mentalnya dan juga menjaga kesehatan mental orang lain. Sehat secara mental tidak berarti seseorang terus merasa bahagia. Orang yang sehat secara mental dapat memvalidasi perasaan yang ada di dalam dirinya tanpa takut. Dilansir dari banyanmentalhealth.com, berikut adalah tanda sehat secara mental.

Tanda sehat secara mental

Memiliki mood yang positif

Orang dengan kesehatan mental yang baik biasanya memiliki sudut pandang yang positif terhadap hidup. Mereka berpartisipasi pada kegiatan-kegiatan yang mereka sukai dan mereka juga memiliki selera humor yang baik.

Ketahanan emosional

Orang yang sehat secara mental memiliki kemampuan untuk bergulat dengan stress dan dapat cepat bangkit dari hal-hal yang membuatnnya terpuruk. 

Dapat menghargai diri sendiri

Tanda lain dari sehat secara mental adalah ketika seseorang memiliki sudut pandang yang positif terhadap dirinya sendiri. Tidak lagi melihat celah atau kekurangan dari dirinya secara berlebihan dan menerima diri apa adanya adalah tanda dari mental yang sehat.

Memiliki hubungan baik dengan orang lain

Saat kondisi mental sehat, seseorang akan memiliki hubungan yang baik dengan orang lain karena dapat berkomunikasi secara efektif. Selain itu, mereka juga bisa memahami perasaan orang lain dengan baik.

Memperhatikan diri sendiri

Tidak hanya berdampak bagi orang lain, seseorang yang sehat secara mental memiliki kemampuan untuk memperhatikan kebutuhan dirinya sendiri. Kebutuhan fisik dan psikis dapat dipenuhi dengan baik, seperti makan makanan yang bergizi, tidur yang cukup, hingga mencari hiburan untuk diri sendiri.

Produktif

Seseorang dengan kesehatan mental yang baik dapat menjaga tingkat produktivitasnya, baik itu dalam konteks pekerjaan maupun kepentingan pribadi. Tujuan yang jelas menjadikan mereka memiliki tingkat produktivitas yang baik untuk mencapainya. 

Fleksibel

Kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkugan sekitar merupakan salah satu tanda seseorang sehat secara mental. Selain itu, mereka akan mudah untuk beradaptasi dengan tantangan-tantangan baru yang muncul dan dapat melihat dari perspektif yang berbeda.

Mampu untuk meminta tolong

Seseorang yang sehat secara mental tidak berarti ia tidak lagi membutuhkan bantuan orang lain. Justru, saat mereka mengalami kesulitan, mereka akan berani meminta bantuan dari orang lain. Mereka tidak takut akan anggapan-anggapan orang lain, tetapi mereka berfokus pada solusi dari masalah yang mereka hadapi. 

Berani berkata “tidak”

Orang dengan mental yang sehat dapat membuat batasan-batasan yang sehat dengan dirinya maupun orang lain. Salah satu bentuknya adalah berani untuk berkata “tidak” jika diperlukan. Orang yang sehat secara mental dapat mengetahui batas kemampuan dirinya. Mereka juga tidak merasa bersalah jika mengatakan “tidak” di situasi-situasi tertentu.

Cara menjaga kesehatan mental

Dilansir dari World Health Organization, terdapat 6 cara untuk menjaga kesehatan mental.

Bercerita dengan orang yang dipercaya

Sahabat Fimela dapat menceritakan apa yang dirasakan kepada orang-orang yang Sahabat Fimela percaya. Bercerita atau yang lebih familiar dengan kata curhat dapat membuat perasaan menjadi lebih lega daripada memendamnya sendirian. Walaupun terkadang tidak ada solusi yang diberikan, Sahabat Fimela akan merasa lebih baik karena ada yang mendengarkan kesulitan yang dialami. 

Jaga kesehatan fisik

Kesehatan mental juga dapat dipengaruhi oleh kesehatan fisik. Oleh karena itu, Sahabat Fimela dapat melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga atau aktivitas fisik lainnya agar tubuh tetap segar dan sehat. Selain itu, Sahabat Fimela juga dapat mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan menjaga pola istirahat.

Lakukan kegiatan yang disukai

Sahabat Fimela dapat melakukan aktivitas yang dirasa bermanfaat dan menyenangkan, seperti memasak, bermain dengan hewan peliharaan, piknik di taman, atau membaca buku kesukaan. Apabila Sahabat Fimela memiliki rutinitas yang melibatkan kegiatan menyenangkan, maka Sahabat Fimela dapat menjaga kesehatan mental dengan baik.

Hindari penggunaan zat berbahaya

Jangan gunakan narkotika atau alkohol untuk berdamai dengan perasaan yang ada di dalam diri. Hal-hal tersebut hanya akan memberikan efek jangka pendek dan perasaan Sahabat Fimela akan menjadi lebih buruk di kemudian hari. 

Berikan waktu untuk memerhatikan sekitar

Be present. Bebaskan pikiran yang berputar di dalam kepada dengan kembali menghubungkan diri dengan lingkungan sekitar. Lihat apa yang ada di sekitar Sahabat Fimela pada saat ini, ambil napas yang panjang, dan rasakan dada menjadi lega. 

Cari bantuan profesional

Apabila Sahabat Fimela sudah tidak lagi bisa menangani apa yang terjadi pada diri Sahabat Fimela, carilah bantuan profesional. Ingatlah bahwa tidak ada orang yang sendirian di dunia ini. Dengan mencari bantuan ke tenaga profesional, Sahabat Fimela akan mendapatkan bantuan yang maksimal untuk mendukung kesehatan mental Sahabat Fimela.

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading