Sukses

Health

Benarkah Tren Nasi Beku Efektif Mengurangi Kadar Gula? Simak Faktanya

Fimela.com, Jakarta Baru-baru ini sedang viral sebuah tren nasi beku. Nasi yang dimakan bukanlah nasi yang baru saja dimasak. Tapi nasi yang telah dibekukan sebelumnya dan dihangatkan kembali. Menurut banyak orang tren ini dapat mengurangi kadar gula pada nasi. Sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi pada penderita penyakit gula.

Mengonsumsi nasi yang baru saja dimasak mungkin sangatlah nikmat. Apalagi jika disajikan dengan lauk favorit. Tapi ternyata mengonsumsi nasi yang dihangatkan kembali daripada nasi yang baru dimasak ternyata efektif untuk memperlambat lonjakan gula darah pada penderita diabetes. Penelitian ini dterbiitkan di jurnal Nutrition & Diabetes pada tahun 2022. Simak fakta selengkapnya sebagai berikut:

Mengapa Nasi Dingin Lebih Rendah Gula?

Sebuah penelitian dilakukan untuk meneliti perbedaan lonjakan gula pada partisipan yang terkena diabetes tipe 1 jika diberi nasi baru matang dan nasi yang didinginkan selama 24 jam terlebih dahulu. Peneliti menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi nasi dingin memiliki kadar gula lebih stabil dan peningkatan gula yang lebih sedikit daripada partisipan yang mengonsumsi nasi yang baru matang.

Nasi merupakan sumber karbohidrat. Karbohidrat yang didinginkan terlebih dahulu seperti pada nasi dapat membantu mengontrol kadar gula. Hal ini dikarenakan adanya pati resisten pada nasi yang didinginkan. Pati resisten membantu menyeimbangkan penyerapan karbohidrat sehingga  menyeimbangkan gula darah.fungsinya mirip dengan serat.  Nasi yang didinginkan terlebih dahulu memiliki kadar pati resisten daripada nasi yang baru dimasak. 

 

Manfaat Lain Pati Resisten bagi Tubuh

Pati resisten menghasilkan lebih sedikit lonjakan gula darah. Selain untuk menyeimbangkan kadar gula. Pati resisten juga bisa mengontrol nafsu makan. Sehingga dapat kenyang lebih lama dan mencegah penurunan energi. Konsumsi pati resisten akan menambah energi untuk meningkatkan produktivitas. Oleh sebab itu, sonsumsi pati resisten juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

Cara Membuat Nasi Beku

Langkah pertama adalah membuat nasi seperti biasa. Dinginkan nasi terlebih dahulu sebelum dibungkus. Setelah itu, bungkus nasi menggunakan kertas makan atau plastik wrap untuk porsi sekali makan. Simpan nasi di freezer untuk dibekukan. Jika ingin makan, hangatkan di microwave. Atau juga bisa dengan metode kukus.

Nah, sekarang Sahabat Fimela sudah mengetahui fakta tentang tren nasi beku yang sedang viral. Metode ini ternyata efektif untuk mengurangi kadar gula pada nasi. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading