Sukses

Health

Tips Diet Karbohidrat Sehat yang Efektif Turunkan Berat Badan Menurut Ahli

Fimela.com, Jakarta Masih banyak orang yang salah persepsi dalam menjalani diet. Demi mendapatkan berat badan ideal tidak sedikit orang yang rela tidak makan karbohidrat dan lemak sama sekali saat menjalani diet. Padahal, karbohidrat dan lemak menjadi makronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memberikan energi.

“Jika kita mengartikan diet karbohidrat dengan tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali, maka kita salah. Diet karbohidrat tetap mengharuskan konsumsi sumber makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat, tapi dengan porsi yang lebih sedikit” tutur Coach Siavash Nadim.

Menurut Coach Siavash Nadim, dampak dari mengonsumsi karbohidrat pada berat badan tergantung pada jumlah dan jenis yang dikonsumsi. Karbohidrat kompleks mengandung serat yang tinggi dan dicerna lebih lambat oleh tubuh, memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan menjaga tingkat gula darah stabil. Beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah roti gandum utuh, beras merah, oatmeal, kentang, brokoli, apel, pisang, kacang almond, dan yogurt rendah lemak.

 

Lakukan Cheat Meal

Selain Diet Karbohidrat yang disarankan Coach Siavash Nadim, ada juga “Cheat Meal” yakni konsep berbuat curang untuk dapat mengonsumsi apa saja selama 1 waktu dalam 1 hari.

“Cheat meal atau makanan curang konsep untuk mengizinkan kita boleh makan di luar hidangan pola sehat. Biasanya, cheat meal ini dijadwalkan hanya untuk satu kali dalam satu hari tertentu atau beberapa kali dalam seminggu," kata Coach Siavash Nadim.

Saat cheat meal, seseorang boleh menikmati makanan favoritnya yang biasanya dihindari selama menjalani program diet atau gaya hidup sehat. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan sedikit kelonggaran dan kesenangan dalam pola makan tanpa mengganggu secara signifikan kemajuan menuju tujuan diet atau kesehatan.

 

Jadwal menu makan yang sehat

Pria keturunan Iran ini juga menyarankan saat menjalani cheat meal untuk tetap mengkonsumsi makanan dengan kalori yang terkontrol.

“Untuk menjadwalkan diet yang sesuai dengan makanan yang Anda sukai, penting untuk tetap memperhatikan asupan nutrisi dan jumlah kalori yang masuk," kata Nadim.

Berikut contoh jadwal menu diet efektif menurut Coach Siavash Nadim

  • Sarapan: Telur dadar dengan sayuran, roti gandum, dan secangkir teh dengan gula.
  • Camilan Pagi: Segenggam kacang almond atau potongan buah kesukaan Anda.
  • Makan Siang: Nasi merah/putih dengan ayam panggang, sayuran kukus, dan segelas air lemon.
  • Camilan Sore: Yogurt rendah lemak dengan tambahan buah-buahan segar.
  • Makan Malam: Ikan panggang dengan kentang panggang dan salad sayuran
  •  

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading