Sukses

Health

5 Tanda Awal Kehamilan agar Berjalan Lancar pada Trimester Satu

Fimela.com, Jakarta Banyak gejala yang menjadi tanda jika mulai memasuki masa awal kehamilan. Salah satunya jika kamu pusing dengan kurun waktu yang panjang dan tidak wajar dalam jangka waktu yang panjang. Tensi yang normal disertai dengan gejala awal kehamilan sebaiknya harus segera diperiksa.

Banyak dari tanda dan gejala ini tidak hanya terjadi pada kehamilan. Beberapa mungkin menunjukkan bahwa kamu sedang sakit atau awal seperti saat menstruasi akan segera tiba. Demikian pula, kamu bisa hamil tanpa mengalami banyak gejala.

Jika tes kehamilan di rumah sudah positif, buatlah janji temu dengan penyedia layanan kesehatan yang berhubungan dengan kehamilan. Kehamilan harus segera diperhatikan dengan seksama agar bayi dan ibu tetap terjaga dengan sehat. Semakin cepat kehamilan dipastikan, semakin cepat pula kamu dapat memulai perawatan prenatal. Berikut 5 gejala awal kehamilan yang harus diperhatikan. 

1. Cepat Lelah

Dengan kandungan yang ada di dalam tubuh akan membuat kamu merasa lebih cepat lelah. Karena ada beban dan juga tenaga ekstra yang harus dikeluarkan dari kondisi normal sehari-hari. Kamu akan merasa mudah lelah dan letih terlebih jika sudah membutuhkan tenaga dan kekuatan dari dalam. Sebaiknya, jika mulai lemas kamu harus menyempatkan diri untuk beristirahat dan pekerjaan berat harus segera dihindari. 

2. Payudara Membesar dan Sakit

Tidak hanya akan membengkak dan nyeri, kondisi payudara juga akan mengalami perubahan pada areola dan puting. Payudara memiliki banyak korelasi dengan hormon dan kelenjar asi yang akan diproduksi. Kamu akan merasakan adanya tegangan pada area payudara dan sebaiknya mulai hindari baju dan pakaian dalam yang ketat. 

3. Sembelit

Kram perut atau sembelit memang rentan terjadi pada tanda kehamilan karena bergantung pada kondisi pencernaan dan juga kandungan. Hal ini sangat wajar dan sebaiknya harus segera cek ke dokter. Jangan konsumsi obat-obatan yang keras dan membuat kesimpulan mengenai sakit pencernaan. 

4. Berat Badan Bertambah

Berat badan akan bertambah karena disebabkan oleh kondisi kandungan yang ada dalam tubuh. Hal ini juga dipengaruhi akan jumlah makanan yang dikonsumsi. Karena adanya kandungan, kondisi pola dan nafsu makan ibu akan bertambah seiring dengan berjalannya usia kandungan. Ibu yang memiliki janin didalam kandungannya akan membutuhkan ekstra asupan dan energi. Namun, tidak sedikit yang mengalami penurunan nafsu makan namun berat badan tetap bertambah. Hal ini dipengaruhi dengan hormon dan tahan tubuh masing-masing.

5. Keputihan

Akan ada flek yang timbul karena adanya janin dalam kandungan ibu. Hal ini menjadi salah satu pertanda awal kehamilan. Keputihan yang lengket, putih, atau kuning pucat dapat muncul karena adanya pembuahan. Flek yang timbul karena datang bulan akan sangat berbeda dengan gejala awal kehamilan. Flek awal kehamilan akan muncul 1-2 hari dan berwarna coklat atau pink muda. Flek tersebut biasa disebut darah implantasi. 

Nah itu dia lima gejala awal jika kamu akan memasuki awal kehamilan. Jika berencana untuk hamil atau baru mengetahui bahwa kamu hamil, mulailah mengkonsumsi vitamin untuk kesehatan janin setiap hari. Vitamin prenatal biasanya mengandung vitamin dan mineral penting, seperti asam folat dan zat besi, untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi dan kandungan ibu. Semoga bermanfaat ya! 

Penulis: Yosefin Natalie 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading