Sukses

Info

Gerhana Bulan Sebagian 2021 Hari Ini, Simak Waktu dan Cara Menyaksikannya

Fimela.com, Jakarta Gerhana Bulan Sebagian akan bisa disaksikan hari ini, Jumat 19 November 2021. Fenomena langit yang akan menjadi yang terlama selama hampir enam abad ini dapat disaksikan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Gerhana Bulan Sebagian merupakan kondisi di mana sebagian permukaan Bulan tertutupi bayangan atau umbra Bumi. Fenomena Gerhana Bulan Sebagian 2021 ini akan menjadi lebih spesial. Sebab, ini menjadi gerhana bulan sebagian terlama pada abad ini.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengungkap, permukaan bulan akan tertutupi oleh umbra Bumi sebesar 97,85%. Sehingga durasi gerhana akan mencapai 3 jam 28 menit dan merupakan fenomena terlama di Tanah Air.

Lalu, kapan waktu, lokasi, dan cara menyaksikan Gerhana Bulan Sebagian 2021 ? Berikut Fimela rangkum selengkapnya.

 

Waktu gerhana bulan sebagian

Dilansir akun Instagram @lapan_ri, fase awal penumbra terjadi pada pukul 13.00 WIB/ 14.00 WITA/ 15.00 WIT. Fase awal sebagian terjadi pada pukul 14.18 WIB/ 15.18 WITA/ 16.18 WIT.

Kemudian puncak gerhana bulan sebagian dimulai pada pukul 16.02 WIB/ 17.02 WITA/ 18.02 WIT. Fase akhir sebagian terjadi pada pukul 17.47 WIB/ 18.47 WITA/ 19.47 WIT. Sedangkan fase akhir penumbra terjadi pada pukul 19.05 WIB/ 20.05 WITA/ 21.05 WIT.

Total durasi parsialitas gerhana kali ini selama 3 jam 29 menit 2 detik dan durasi penumbralitas gerhana selama 6 jam 5 menit 8 detik. Kebanyakan gerhana bertahan selama kurang dari dua jam. Itu sebabnya Gerhana Bulan Sebagian kali ini disebut yang terlama abad ini karena sampa 3,5 jam.

Daftar daerah yang bisa lihat gerhana bulan sebagia

Fase puncak gerhana hingga akhir penumbra:

Papua Barat (kecuali Kab. Raja Ampat)

Papua

Maluku (Kep. Kei dan Kep. Aru)

Fase akhir sebagian hingga akhir penumbra:

Papua Barat (Kab. Raja Ampat)

Maluku Utara

Maluku (kecuali Kep. Kei dan Kep Aru)

Sulawesi

Nusa Tenggara

Kalimantan

Bali

Jawa Timur

Jawa Tengah

DIY

Jawa Barat (kecuali Kota Bekasi, Kab. Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor, Kab. Bogor, Kota Sukabumi, Kab. Sukabumi, Kab. Cianjur, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab. Bandung Barat).

Riau (Kab. Kep. Anambas dan Kab. Kep Natuna)

Bangka Belitung (kecuali Bangka Barat)

Fase akhir penumbra dialami oleh:

Sumatra

Kep. Riau (kecuali kab. Kep. Anambas dan Kab. Kep. Natuna)

Bangka Belitung (Kab. Bangka Barat)

Banten

DKI Jakarta

Jawa Barat (Kota Bekasi, Kab. Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor, Kab. Bogor, Kota Sukabumi, Kab. Sukabumi, Kab. Cianjur, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab. Bandung Barat).

Cara menyaksikan gerhana bulan sebagian

Untuk menyaksikan Gerhana Bulan Sebagian, LAPAN RI mengungkapkan dapat dilihat langsung tanpa alat bantu.

“Gerhana Bulan Sebagian dapat disaksikan dengan mata tanpa alat bantu optic apapun. Tapi kita bisa mengabadikan Gerhana Bulan Sebagian ini menggunakan kamera DSLR, kamera ponsel model pakar, maupun kamera CCD yang terhubung dengan teleskop gadget,” kata peneliti Pusrissa OR-PA BRIN Andi Pangerang, dilansir situs resmi Edukasi Sains Lapan.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading