Sukses

Info

Instagram Perkenalkan Koleksi Digital untuk Dukung Kreator dan Kolektor NFT

Fimela.com, Jakarta Kreator-kreator di Instagram setiap harinya telah menginspirasi dan mendorong banyak orang serta budaya dari seluruh dunia melalui platform Instagram. Dengan peluang luar biasa dari teknologi blockchain, para kreator dapat memanfaatkan fitur baru untuk memperoleh penghasilan, dan para penggemar dapat mendukung kreator favorit mereka dengan membeli koleksi digital – seni, gambar dan video, musik – sebagai token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT).

Mulai minggu ini, beberapa kreator dan kolektor terpilih dapat membagikan koleksi digital mereka di Instagram. Kreator menggunakan teknologi baru seperti NFT untuk memiliki kendali lebih atas karya mereka, menjalin hubungan dengan penggemar, serta memonetisasi koleksi digital mereka. Instagram terus berusaha membantu para kreator untuk menciptakan berbagai peluang monetisasi serta menghadirkan NFT ke audiens yang lebih luas.

Memperkenalkan koleksi digital

Fitur NFT yang disediakkan oleh Instagram meliputi:

  • Menghubungkan dompet digital. Setelah terhubung, kreator dan kolektor bisa memilih NFT dari dompet digital dan membagikannya di Instagram.

  • Berbagi koleksi digital. Setelah kreator atau kolektor memposting koleksi digitalnya, koleksi itu akan menampilkan efek berkilau dan informasi publik, seperti deskripsi NFT. Postingan juga akan terlihat di profil mereka.
  • Penandaan otomatis dari kreator dan kolektor. Kreator dan kolektor dapat secara otomatis dikaitkan di postingan koleksi digital (tergantung pada pengaturan privasi mereka).

Instagram telah mengumpulkan dan mengatur data publik dari blockchain terbuka, seperti Ethereum. Dari data blockchain publik ini, hanya dapat mengidentifikasi koleksi mana yang menjadi milik kolektor dan kreator ketika mereka menghubungkan dompet pihak ketiga mereka ke Instagram.

Instagram dukung NFT untuk menciptakan ruang yang lebih inklusif

Sejak diluncurkan, blockchain yang akan didukung adalah Ethereum dan Polygon; Flow dan Solana akan menyusul hadir. Dompet pihak ketiga yang kompatibel untuk digunakan akan mencakup Rainbow, MetaMask, dan Trust Wallet; Coinbase, Dapper, dan Phantom akan segera hadir. Memposting atau membagikan koleksi digital di Instagram tidak akan dikenakan biaya. 

Oleh karena itu, masyarakat dapat menggunakan fitur-fitur Instagram untuk menjaga keamanan akun mereka dan melaporkan koleksi digital yang bertentangan dengan pedoman komunitas Instagram. Kami juga memahami bahwa teknologi blockchain dan NFT menimbulkan pertanyaan penting tentang keberlanjutan. Meta akan membantu mengurangi dampak emisi yang mungkin terkait dengan tampilan koleksi digital di Instagram dengan membeli energi terbarukan.

 

*Penulis: Saffa Sabila.

What's On Fimela
Loading