Sukses

Info

3 Destinasi untuk Rayakan Loy Krathong, Festival Cahaya di Thailand

Fimela.com, Jakarta Selain Diwali di India, Thailand juga memiliki Festival Cahaya yang bernama Loy Krathong. Selama festival budaya ini, Thailand akan tampak indah bercahaya dipenuhi lilin-lilin. Loy Krathong dirayakan setiap tahunnya di Thailand pada malam bulan purnama di bulan kedua belas kalender lunar Thailand. Tahun ini, Loy Krathong jatuh pada tanggal 27 November 2023.

Dalam beberapa tahun terakhir, Thailand merupakan salah satu negara yang banyak menjadi pilihan para wisatawan untuk berlibur, dengan Bangkok sebagai kota yang paling banyak dikunjungi. Terlebih saat adanya festival cahaya ini. Loy Krathong menjadi acara yang spesial bagi warga Thailand maupun wisatawan, mereka berbondong-bondong datang ke “negeri penuh senyuman” untuk menyaksikan keindahannya.

Mengenal lebih dalam tentang Loy Krathong, festival ini diselenggarakan dalam rangka merayakan dewi air Phrae Mae Khongkha. Selama festival, jutaan warga Thailand akan mengapungkan (loy) rakit kecil (krathong) yang biasanya terbuat dari dari batang pisang yang dihiasi dengan bunga dan lilin. Krathong membawa harapan, keinginan, dan rasa syukur setiap orang, serta sebagai representasi dari tindakan untuk melepaskan yang lalu dan menyambut yang baru.

Destinasi perayaan Loy Krathong

Bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke Thailand sembari menyaksikan Festival Cahaya Loy Krathong, berikut 3 destinasi dan pusat wisata terbaik untuk menikmati Loy Krathong.

Chiang Mai

Berlokasi di bagian utara Thailand dengan pegunungan dan hutannya yang rimbun, Chiang Mai menjadi pusat budaya tradisional Lanna. Perayaan Loy Krathong ditandai dengan upacara besar dan kuil-kuil yang dipenuhi lampu. Perayaan ini sekaligus diadakan bersamaan dengan festival Yee Peng, di mana warga akan melepaskan ribuan lentera kertas (khom loi) ke langit malam dan menjadikannya pemandangan yang sangat indah.

Selain itu, terdapat Sungai Ping yang mengalir melalui jantung provinsi Chiang Mai sebagai tempat favorit penduduk untuk mengapungkan krathong. Di Chiang Mai terdapat juga Gerbang Tha Phae yang terletak di sisi timur tembok kota tua. Di sana banyak warga yang berkumpul untuk merayakan festival dengan suasana ramai dan menyenangkan.

Tidak perlu khawatir, sebab tersedia juga berbagai pilihan makanan lokal lezat yang bisa dicoba seperti sai oua (sosis khas Thailand utara), nam ngiao (mie asam dan pedas dengan saus tomat), dan khao soi yang populer (kari kelapa kental dengan mie renyah).

Phuket

Phuket terkenal dengan pantai dan pulau-pulaunya yang kaya akan sejarah, dengan dihiasi kuil-kuil dan tempat suci akan menciptakan pengalaman unik Loy Krathong. Terdapat lebih dari 30 pantai di mana penduduk sering mengapungkan krathongnya. Wisatawan juga dapat mengunjungi beberapa tempat lainnya seperti Danau Sapan Hin dan Taman Suan Luang di Kota Phuket, atau Danau Nai Harn di selatan atau Danau Bang-Ma-Ruan di utara.

Saat mengunjungi Phuket, hidangan laut adalah pilihan yang sangat tepat untuk dicoba. Ikan-ikan yang segar setiap harinya dari laut Andaman bisa dinikmati dalam hidangan lezat khas selatan seperti kaeng som (sup asam pedas), massaman (kari Thailand dengan cita rasa sedikit manis), dan kaeng tai pla (kari pedas dengan ikan fermentasi).

Bangkok

Bangkok menjadi salah satu tempat favorit wisatawan dunia. Saat perayaan Loy Krathong, ibu kota Thailand ini akan dipenuhi oleh warna. Sungai Choi Phraya di Bangkok merupakan destinasi populer untuk mengapungkan krathong, dengan latar belakang Wat Arun yang ikonik menambah kemeriahannya. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa memilih Wat Saket untuk menikmati perayaan Loy Krathong di salah satu kanal tertua di Bangkok, Khlong Maha Nak, serta menjelajahi Golden Mount yang ikonik.

Tidak jauh dari Chao Phraya, pengunjung bisa memilih kawasan Song Wat yang trendi dengan perpaduan eklektik antara galeri seni dan bangunan bersejarah untuk dijelajahi. Jangan lupa juga untuk menikmati makanan khas Thailand seperti pad thai dan pad krapow, hingga Jodd Fair dan restoran berbintang Michelin.

Penulis: Maritza Samira

#BreakingBoundariesNovember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading