Sukses

Lifestyle

Dokter di Cina Keluarkan Ratusan Batu dari Ginjal Seorang Pria

Fimela.com, Jakarta Sejumlah dokter di Cina sukses mengeluarkan 420 batu dari ginjal seorang pasien. Pasien tersebut bermarga He itu harus menjalani operasi bedah selama dua jam di rumah sakit Kota Dongyang, bagian timur Provinsi Zhejiang, untuk mengeluarkan semua batu ginjalnya.

Batu ginjal | via: detik.com

Dokter di rumah sakit mengatakan ratusan batu dalam ginjal He amat mungkin terbentuk karena dia sering makan tahu dan kurang minum air. Diketahui produk dari kacang kedelai, khususnya tahu, mengandung kalsium yang tinggi. Kalsium yang banyak tidak bisa dicerna dan dikeluarkan tubuh tanpa air dengan jumlah yang cukup.

Tahu | via: tokomesin.net

He mendatangi dokter pada Mei dan mengeluh sakit perut. Setelah melakukan CT scan, diketahui bahwa ginjalnya terisi penuh dengan batu. Dokter mengatakan bila He menunda operasi bedah lebih lama, ginjalnya harus dicopot.

Ginjal | via: metrodepok.net

Walau 420 batu ginjal adalah jumlah yang banyak, jumlah itu belum mendekati rekor dunia. Pada 2009, seorang dokter di India mengeluarkan 172.155 batu dari ginjal kiri seorang pasien setelah pembedahan tiga jam. Catatan itu masuk Guinness World Records.

 

Baca juga: Jika Gagal Ginjal, Belajarlah pada Abdee Negara

Loading