Sukses

Lifestyle

MERDEKA! Prestasi Militer Indonesia Bikin Dunia Menganga!

Fimela.com, Jakarta MERDEKA! Sesungguhnya nikmat Tuhan yang paling besar ialah kemerdekaan, guys. Tapi kedaulatan negara ini tidak akan ada tanpa jasa Tentara Nasional Indonesia (TNI), tentu saja bekerja sama dengan rakyat sipil.

Militer menjadi salah satu elemen penting negara untuk mempertahankan diri dari penjajah. Kamu boleh bangga sebab memiliki tentara nasional yang prestasinya diakui dunia.

Gak percaya? Bintang.com punya serangkaian bukti nyata prestasi TNI di dunia internasional. Siap menyimak? Let's go!

#Discovery Channel Military pada edisi 2008 menyebutkan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Angkatan Darat merupakan pasukan elite paling kuat dan ada di peringkat 3 dunia.

KOPASSUS | via: kasamago.wordpress.com

#Kopassus terbukti mampu bertahan di berbagai kondisi tanpa teknologi canggih dan digital. Di hutan belantara Kopassus amat terlatih ketimbang pasukan elite negara lain.

Prajurit Kopassus. (Liputan6.com/istimewa)

#Pada pertemuan Elite Forces di Wina, Austria lima tahun lalu, Kopassus meraih peringkat 2 untuk operasi militer strategis yang terdiri dari intelijen, pergerakan, penyusupan, dan penindakan.

#TNI menjadi mitra tetap Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak 1957. Bapak-bapak tentara sudah menjaga perdamaian dunia sejak 58 tahun lalu yang berawal di Kairo, Mesir.

Mesir

#Pasukan perdamaian TNI bernama Kontingen Garuda (KONGA). KONGA sudah diterjunkan lebih dari 30 kali ke wilayah-wilayah konflik untuk membantu PBB memelihara perdamaian antar bangsa. KEREN!

TNI Konga

#Saat di Sudan, perang saudara bisa diredam oleh KONGA yang menggelar pertunjukan kebudayaan kuda lumping. Wuih!

Ilustrasi Kuda Lumping | Via: vandhava.wordpress.com

#Melatih militer wilayah Afrika dan memberi acuan pembentukan dan metode pelatihan yang pas untuk pasukan elite mereka. DAN ... 80 persen pelatih militer di Afrika adalah .... Kopassus!

Kopassus

#Indonesia menjadi negara pertama yang menginjakkan kaki di puncak Everest, gunung tertinggi dunia. Merah putih berkibar di sana oleh anggota TNI.

Gunung Everest (Reuters)

#Pada 1981 pesawat Garuda Indonesia dibajak oleh lima teroris yang menamakan diri Komando Jihad. Ini pembajakan bermotif agama pertama yang menimpa Indonesia dan dikenal dengan nama peristiwa Woyla.

Operasi Woyla 1981 | Via: facebook.com

Saat itu TNI berhasil menangani dan menyelamatkan seluruh penumpang serta menewaskan lima pelaku teroris. Prestasi ini langsung mendapat apresiasi dunia.

Operasi Woyla 1981 | Via: facebook.com

#Salah satu perwira TNI bernama Purnawirawan Mayor Jenderal Rais Abin satu-satunya orang Asia dan Indonesia yang menjadi panglima dalam pasukan PBB (UNEF) yang ditugaskan di Sinai, Mesir pada 1974-1978. Wajahnya hingga kini ada di kantor pusat PBB.

Mayor Jenderal (Purn) Rais Abin | Via: garudamiliter.blogspot.com

#Tahun kemarin, TNI Angkatan Darat menjadi juara umum menembak khusus militer di Australia. Sementara tahun ini menjadi juara umum lomba menembak khusus militer di Australia dan Brune Darussalam.

Kasad Jenderal TNI Gatot Nurmantyo berpose bersama  kontingen Petembak TNI AD, Jakarta, Jumat (29/5/2015).  Kontingen petembak TNI AD meraih 30 medali emas di Australia Army Skill at Arms Meeting (AASAM) 2015. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Itu tadi prestasi-prestasi TNI kita di dunia. Namun prestasi sesungguhnya tentu saja mengawal bangsa ini menuju kemerdekaan. Dirgahayu ke-70 tahun Indonesia. MERDEKA!

Baca juga: Penembak Jitu Dunia yang Melegenda, Anggota TNI AD Salah Satunya

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading