Sukses

Lifestyle

3 Cara Ampuh Mendapatkan Pekerjaan Lewat Situs Online

Bintang.com, Jakarta Zaman sekarang ini memang sulit mencari pekerjaan. Memang banyak lapangan kerja, tapi enggak sedikit juga orang-orang yang mengeluh karena sulit mencari pekerjaan. Masalahnya, mereka sudah mencoba hampir segala cara. Mulai dari mendatangi satu-satu perusahaan hingga apply CV melalui situ online. 

Sebenarnya, situs online yang menyediakan informasi lowongan kerja sangat membantu para pencari kerja sepertimu. Tapi, tetap saja sulit. Setelah apply, kamu harus menunggu berbulan-bulan sampai ditelepon pihak perusahaan untuk wawancara. Itu pun kalau akhirnya mereka menelepon. Kalau enggak, terpaksa kamu harus beralih ke perusahaan lain. 

Nah, buat kamu yang merasa kesulitan mencari kerja lewat situs online, enggak perlu cemas. Karena Bintang.com punya solusi ampuh supaya kamu bisa cepat dapat kerja dengan pencarian melalui situs online. 

Cari situs lowongan kerja yang akurat dan terpercaya. Banyak banget situs pencari kerja di Indonesia. Dari yang terkenal, sampai kamu suka melihat iklannya di badan bus, hingga situs yang enggak terlalu terkenal tapi tetap muncul di Google Search. Nah, ketika kamu browse di Google pekerjaan yang kamu inginkan, kemudian akan muncul beratus-ratus daftar lowongan kerja. Nah, disinilah kamu harus berhati-hati agar enggak terjebak. 

Soalnya banyak banget situs-situs yang enggak resmi. Situs ini bahkan memberikan informasi yang salah. Sering kali mereka memasang iklan lowongan kerja dari perusahaan terkenal. Tapi ketika kamu periksa situs resmi perusahaan tersebut, mereka sebenarnya belum membuka lowongan! Makanya kamu harus hati-hati. 

Gunakan sosial media khusus untuk kepentingan profesional. Kamu juga harus mempromosikan dirimu sendiri. Caranya dengan membuat akun di beberapa media sosial khusus untuk urusan profesional. Seperti LinkedIn, MeetUp.com dan lainnya. Banyak, kok, kalau kamu cari. Dengan memiliki akun di media sosial ini, kamu bisa membangun koneksi dengan orang-orang yang bekerja di bidang sama denganmu. Atau saling bertukar informasi tentang lowongan pekerjaan dengan mereka. Orang-orang juga bisa melihat latar belakang dan kemampuan yang kamu miliki lewat profilmu. 

Gunakan mailing list. Mungkin memang terdengar kuno. Tapi, menggunakan mailing list sangat membantumu untuk mendapatkan informasi lowongan kerja. Cara ini sangat efisien karena ketika ada lowongan pekerjaan yang kamu inginkan, kamu langsung mendapat email. Dan kamu hanya tinggal mengirim CV saja. 

Dengan ketiga cara di atas, kamu bisa meningkatkan kesempatanmu untuk menerima panggilan wawancara dari perusahaan yang kamu inginkan. Selain ketiga hal di atas, jangan lupa untuk membuat CV yang baik. Gunakan jenis tulisan yang sesuai dan pastikan enggak ada kesalahan penulisa. Sehingga pihak perusahaan memberikan penilaian yang baik padamu. 

Baca juga: 10 Kesalahan Terburuk Saat Wawancara Kerja yang Kamu Lakukan

Loading