Sukses

Lifestyle

4 Tipe Penggunaan Uang yang Buruk, Saat Baru Menerima Gaji

Fimela.com, Jakarta Ketika kamu mendapatkan gaji, apa yang akan kamu lakukan? Beda kepala, beda juga kebiasaan dan pemikirannya. Hal ini ternyata juga berdampak pada apa yang akan kamu lakukan pada saat menerima sejumlah uang. 

Garrett Gunderson, seorang penulis di bidang wealth building dan keuangan para pengusaha, mencoba mengidentifikasi lima macam kebiasaan orang pada saat mendapatkan sejumlah uang, salah satunya saat menerima gaji. Nah, buat kamu yang penasaran, apa saja tipe-tipenya, langsung saja simak bahasannya di bawah ini. 

Menyimpan gaji. Sebagian orang langsung menyimpan gajinya dan cenderung takut untuk mengeluarkan uang. Menabung memang sangat baik untuk kekokohan pondasi keuangan.Tapi, sebagian orang menabung berlebihan hingga timbul rasa takut untuk mengeluarkan uang. Dale Clarke, seorang spesialis keuangan, dulu juga memiliki ketakutan yang sama. Dia dan istrinya sangat takut untuk mengeluarkan uang. Bahkan tak rela rasanya untuk membelikan anak sebuah mainan. 

Langusng menghambur-hamburkan uang. Ada juga orang-orang yang langsung berbelanja saat menerima gaji bulanan. Mereka ini biasanya tak membuat perhitungan. Jangankan untuk menabung, mereka bahkan lupa bahwa ada hari esok. Akhirnya, gaji satu bulan hampir habis hanya dalam waktu beberapa hari. 

Tidak peduli dengan keuangannya. Uang memang kadang memusingkan. Kamu harus menghitung setiap detail kebutuhan dan kepentingan investasi. Karena itu, bagi sebagian orang, lebih baik tak usah banyak memikirkan tentang uang. Nah, tipe orang seperti ini justru tak memperhatikan ke mana uangnya pergi. Mereka jarang memeriksa tagihan bulanan. Bahayanya, mereka bisa saja mengeluarkan uang tanpa tahu kalau uang simpanannya sudah mau habis. Tau-tau, rentenir datang ke rumah dan menyitanya karena tak pernah membayar tagihan. 

Tipe orang yang suka memberi. Di zaman sekarang ini, jangan kira sudah tak ada lagi orang-orang yang berbaik hati menyumbangkan sebagian hartanya. Tapi, sayangnya, sebagian dari mereka terlalu 'baik' kepada orang lain hingga tak memikirkan kebutuhan hidupnya sendiri. Ini sangat membahayakan dirinya karena, menurut Gunderson, banyak kasus yang telah membuat mereka miskin hanya karena terlalu banyak memberi. 

Nah, itu dia empat tipe penggunaan uang yang buruk. Karena keempat hal ini, mereka yang tadinya kaya raya bahkan bisa jatuh miskin dan melarat. Karena itu, kamu harus hati-hati dalam mengelola keuanganmu. Jangan sampai salah langkah. Karena itu, pelajarilah bagaimana mengeluarkan uang dengan bijaksana. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading