Sukses

Lifestyle

Wakatobi, 'Savana Koral' di Selatan Garis Khatulistiwa

Bintang.com, Jakarta "Berbaring" sepanjang 600 kilometer, kehadiran Taman Nasional Wakatobi seakan ingin menegaskan Indonesia sebagai rumah bagi seperempat kehidupan laut di dunia. Punya suhu air pada rentang 19 hingga 34 derajat celcius, tak heran kalau Wakatatobi jadi satu spot paling digemari oleh para penyelam.

Nama Wakatobi itu sendiri merupakan singkatan dari keempat pulau utama di sini, yakni Wangi-wangi, Kalidupa, Tomia, dan Bingongko. Kawasan yang berada di selatan garis khatulistiwa ini tersohor akan hamparan rapat koral warna-warni dengan sederet satwa laut endemik.

Tak melulu landai, topografi bawah laut Wakatobi juga terdiri dari tebing-tebing curam yang dipenuhi oleh koral berbonggol, juga pipih. Berada di wilayah segitiga terumbu karang, Wakatobi tentu tak menampilkan panorama bawah laut dalam bingkai yang monoton.

Indonesia.travel menuliskan, Wakatobi ini secara keseluruhan terdiri dari 39 pulau, 3 gosong, dan 5 atol. Namun, beberapa atol mengalami proses penenggelaman dari lempeng dasar. Hingga sekarang, hanya atol Kaldedupa, atol Kapota, dan atol Tomia yang bisa terlihat.

 

A photo posted by Monica Renata (@callmemonica) on

Tak hanya menikmati panorama bawah laut, garis pantai Wakatobi juga punya godaan pesona yang tak malah memukau. Angan untuk berjalan di sepanjang pasir putih nan hangat, dibuai oleh lembut angin, serta aroma laut yang masih begitu bersih adalah gerbang untuk melakoni perjalanan ke tenggara Sulawesi

Loading