Sukses

Lifestyle

Selain Mentawai, Gempa Juga Guncang Malang

Fimela.com, Jakarta Rabu (2/3/2016) Indonesia mengalami dua kali gempa. Pertama, gempa mengguncang Samudera Hindia yang terdapat di sebelah selatang Malang, Jawa Timur. Menurut BMKG gempa yang membuat panik warga Malang tersebut berkekuatan 5,2 skala richter (SR) dan berpusat pada koordinat 8.95 LS dan 112.51 BT atau berada pada 81 km arah barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur dengan kedalaman 19 km.

Gempa yang terjadi pada pukul 13:09:10 WIB tersebut juga terasa hingga ke Yogyakarta dan sekitarnya. Gempa kedua terjadi di kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMK) menjelaskan jika gempa yang terjadi pada pukul 19:49:47 WIB tersebut berkekuatan 7,8 SR. Gempa di Mentawai yang terjadi selama satu menit tersebut memang lebih besar dibandingkan yang terjadi di Malang.

Meski guncangan tidak terlalu kuat, sebagian memilih bertahan di luar gedung.

Bahkan BMKG sempat memberikan peringatan dini tsunami, namun tak lama peringatan dini tersebut dibatalkan. Pada 2016 ini, tercatat gempa kemarin adalah gempa kedua yang mengguncang Mentawai. Sebelumnya, pada 17 Januari 2016 lalu gempa berkekuatan 5,2 SR juga terjadi dan berpusat di patahan mentawai.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading