Sukses

Lifestyle

Kenalan dengan Maine Coon, Ras Kucing Terbesar di Dunia

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu melihat sebuah berita tentang seekor kucing raksasa yang bulunya sangat lebat? Nah, ternyata itu bukan hoax atau hasil dari Photoshop. Tapi, memang ada jenis kucing yang bisa tumbuh hingga besar seperti layaknya anjing atau bahkan serigala. Namanya, Maine Coon. 

Kucing Maine Coon atau disebut juga American Longhair, merupakan salah satu kucing yang memiliki perawakan terbesar di dunia. Maine Coon jantan bisa memiliki berat 6-9 kilogram. Sedangkan betina beratnya berkisar 4-6 kilogram. Tubuhnya juga bisa memiliki panjang sekitar 100 sentimeter.

Penampilan Maine Coon memang besar dan memiliki bulu yang panjang dan lebat. Tapi karakteristiknya sama seperti kucing pada kebanyakan. Maine Coon manja, lembut, lincah, dan mudah diajak bergaul. Banyak yang bilang jika Maine Coon adalah si Raksasa yang Lembut.

Dikutip dari laman Cattime, Maine Coon sempat masuk dalam Guiness of Record sebagai kucing terpanjang. Salah satu Maine Coon bernama Mymains Stewart Gilligan (Stewie). Stewie diukur 48,5 inci atau 123 cm. Sayang Stewie sudah meninggal pada 2013 lalu.

 

A photo posted by Maine Coon ID (@mainecoon_id) on

Maine Coon, aslinya berasal dari Amerika, tepatnya di wilayah bernama Maine. Namun tak ada data pasti mengenai asal usul persis kucing Maine coon di Amerika Serikat.

 

A photo posted by Maine Coon ID (@mainecoon_id) on

Menurut laman Wikipedia, Maine Coon termasuk ras kucing tertua yang dihasilkan dari keturunan Anggora dan Norwegian Forest. Akan tetapi ada juga pendapat yang menyebutkan bahwa Maine Coon adalah persilangan kucing liar domestik Maine dengan sejenis rakun (racoon), itu sebabnya dinamakan Maine Coon. Selain Main Coon ada beberapa ras kucing besar di dunia seperti kucing Savanah, Kucing Chausie, dan kucing hutan Norwegia. 

;
Loading