Sukses

Lifestyle

Atasi Macet Parah, China Bikin Transit Elevated Bus, Apakah Itu?

Fimela.com, Jakarta Bicara soal kemacetan di Jakarta, nampaknya belum ada apa-apanya jika kamu menilik kemacetan yang ada di China. Bukan macet biasa yang kerap kamu jumpai di ruas jalanan ibu kota, sebab Wikipedia pun telah mencatat kemacetan terbesar yang pernah terjadi di China.

Kemacetan lalu lintas yang legendaris itu kemudian membuat pemerintah China memutar otak untuk mengatasinya. Baru-baru ini, diwartakan oleh Bored Panda bahwa China memperkenalkan ide berupa terobosan baru di dunia transportasi umum, yakni Transit Elevated Bus (TEB). Konsep transportasi ini baru saja diperkenalkan sehari yang lalu di 19th China Beijing International High-Tech Expo.

.elevated-bus-beijing-china-1b

Jika dilihat dari desainnya, sistem bus ini mirip dengan kereta bawah tanah dengan menempatkan roda di satu jalur khusus seperti rel di jalan raya. Dikutip dari News.com.au, Bai Zhiming, insinyur yang bertanggung jawab atas proyek TEB ini mengatakan dia yakin bahwa rancangannya akan memecahkan masalah kemacetan utama di seluruh negeri.

.elevated-bus-beijing-china-2b

"Dengan daya tampung 1.200 orang pada satu waktu, TEB memiliki fungsi yang sama seperti kereta bawah tanah sementara biaya konstruksi kurang dari seperlima dari kereta bawah tanah. Pembangunannya bisa selesai dalam satu tahun," kata Bai Zhiming pada jaringan Central Television China, CCTV News. Penasaran seperti apa rupa dari bus canggih itu? Berikut videonya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading