Sukses

Lifestyle

Ini Pengakuan Penulis Pidato 'Plagiat' Melania Trump

Bintang.com, Jakarta Hendak melakukan konfirmasi atas pidato Melania Trump yang pada beberapa penggalan dinilai sama dengan first lady, Michelle Obama, pihak kampanye calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik tersebut malah menimbulkan banyak pertanyaan baru.

Sebagaimana diwartakan CNBC, pada pernyataan resmi kemarin, Rabu (20/7), pihak kampanye Trump mengaku, sang penulis pidato, Meredith McIver, bertanggung jawab penuh atas kesamaan beberapa kata dalam pidato Melania Trump dengan Michelle Obama, 8 tahun silam.

Beberapa aspek dalam pidato Melania terdengar sama dengan yang pernah diucapkan oleh Michelle Obama pada konvensi Obama pada 2008

McIver menyatakan, seperti dimuat The Wall Street Journal, ia telah mengajukan surat pengunduran diri pada Selasa (19/7), namun pihak Trump tak menerima tawaran tersebut. Dalam kesempatan yang sama, ia pun meminta maaf secara resmi karena membuat pidato yang dinilai sama dengan milik Michelle Obama.

Berdasarkan laporan CNBC, pernyataan resmi dari pihak Trump itu malah menimbulkan pertanyaan banyak pihak soal apakah kampanye Trump mengikuti aturan yang ada. "Jika ia (Melania) menggunakan jasa penulis pidato yang dibayar organisasi, maka pihak Trump telah menyertakan kontribusi ilegal, kecuali pihak kampanye membayar perusahaan untuk menggunakan jasa penulis pidato," jelas Larry Novle, penasihat umum Pusat Kampanye Legal dan mantan penasihat umum Komisi Pemilihan Federal.

Lebih lanjut CNBC mewartakan, McIver tak berada di dalam daftar anggota kampanye, pun tak menerima uang dari penulisan pidato atas Melania Trump. Data tersebut diperoleh dari laporan keuangan kampanye bulan Juni yang diterima Komisi Pemilihan Federal.

Donald Trump dan sang istri Melania di atas panggung Konvensi Partai Republik (Straits Times)

;
Loading