Sukses

Lifestyle

Editor Says: Keahlian, Pengetahuan, dan Perilaku di Dunia Kerja

Fimela.com, Jakarta Perkembangan zaman yang terus menerus menjanjikan kesempatan pekerjaan baru bagi setiap orang. Mempunyai pekerjaan merupakan salah satu impian dari setiap orang.

Entah pekerjaan itu berupa wiraswasta atau 'ikut' orang lain. Dalam dunia kerja, setiap orang dituntut untuk memiliki 3 hal yaitu keahlian, pengetahuan, dan perilaku.

Ilustrasi dunia kerja.

Menurut wikipedia, pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Pengetahuan termasuk, tetapi tidak dibatasi pada deskripsi, hipotesis, konsep, teori, prinsip dan prosedur yang secara Probabilitas Bayesian adalah benar atau berguna.

Keahlian adalah kemampuan untuk melalukan untuk melakukan suatu hal. Dan hal tersebut dapat dipindahkan dari satu orang ke orang lain.

Ilustrasi Dunia Kerja. (via vistaeducation.com)

Sedangkan perilaku adalah sekumpulan perilaku yang dimikili oleh manusia dan dipengaruhi oleh adat, sikap, emosi, nilai, etika, dan kekuasaan.

Ketiga hal tersebut sangat penting dalam dunia kerja. Akan tetapi mana yang lebih penting dimiliki oleh seseorang dalam perusahaan?

Mana yang Lebih Penting?

Kadang kita akan menemui orang yang mempunyai pengetahuan dah keahlian yang sangat mumpuni. Akan tetapi orang tersebut memiliki relasi yang buruk dengan teman kerja, tak memiliki sopan santun.

Dan ada juga orang yang mempunyai perilaku yang baik namun terkadang ia membuat kesalahan dalam pekerjaannya. Dalam dunia kerja, memang mempunyai pengetahuan dan keahlian saja tidaklah cukup.

Ilustrasi Dunia Kerja. (via jelasberita.com

Seseorang di dunia kerja memang harus memiliki rasa tanggung jawab, displin, kejujuran, suka membantu, menghormati, dan komitmen. Begitu juga sebaliknya, mempunyai perilaku yang baik tanpa diiringi keterampilan dan pengetahuan yang mumpuni juga tak cukup.

Lantas dari ketiga hal tersebut, mana yang harus 'wajib' dimiliki orang seseorang di dunia kerja? Mungkin Anda pernah mendengar cerita seorang guru yang mengatakan 'hanya butuh tiga bulan untuk membuat seorang anak pintar dalam pelajaran matematika. Akan tetapi butuh bertahun-tahun untuk membuat seorang anak mempunyai perilaku yang baik.'

Ilustrasi Dunia Kerja. (via hulssay.files.wordpress.com)

Menurut saya, hal tersebut memang benar. Keahlian dan pengetahuan bisa kita pelajari saat terjun di dunia kerja. Walaupun kita akan melakukan kesalahan-kesalahan dalam proses belajar.

Namun untuk merubah perilaku dari seseorang sangat susah. Butuh waktu yang lama untuk merubah sikap seseorang. Tidak mudah untuk menumbuhkan rasa empati dan saling membantu di dunia kerja.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading