Sukses

Lifestyle

Ini Jawaban dari Pertanyaan Menjebak Saat Interview Kerja

Fimela.com, Jakarta Entah karena gugup atau memang lagi kurang enak badan sehingga kamu tidak bisa menjawab pertanyaan yang sederhana ini. Buat yang sering interview atau wawancara kerja pasti akrab dengan pertanyaan yang sepertinya sangat menjebak ini,”Kamu orang yang seperti apa?”

Hayolohhh, kalau dapat pertanyaan seperti itu kamu mau jawab apa? Sudah jawab dengan sangat optimistis, tapi malah nggak lulus test, jawab dengan jujur ternyata hasilnya juga sama. Sebenarnya jawaban apa si yang bisa memuaskan calon-calon atasanmu itu? Cobalah menjawabnya dengan cara ini.

1. Jangan terkesan kamu sedang membaca ulang CV-mu, karena sebelum mereka memanggilmu untuk interview, mereka pasti sudah membacanya terlebih dahulu. Ceritakan hal yang menarik tentang dirimu, pengalaman atau pencapaian yang sudah kamu raih di kantor yang lama. Dan tentu saja ceritakan pula keahlianmu yang akan sangat membantu pekerjaan yang sedang kamu lamar.

 Ini Jawaban dari Pertanyaan Menjebak Saat Interview Kerja. (Foto: crackjobinterview.com)

2. Kalau tiba-tiba gugup dan kamu jadi lupa sama semua hafalan yang sudah dibaca sejak tadi malam, maka cobalah untuk membuatnya menjadi lebih mudah. Tarik nafas dalam-dalam, buang. Saat mendapatkan pertanyaan seperti itu, jangan hanya memberikan jawaban,”Saya orang yang ambisius, disiplin, dan sebagainya.” Untuk lebih meyakinkan ceritakan bagaimana kedisiplinan dalam memenuhi target atau tugas-tugasmu di kantor yang lama. Jadi, berikan mereka penjelasan yang lebih detail tentang dirimu.

 Ini Jawaban dari Pertanyaan Menjebak Saat Interview Kerja. (Foto: careerbuilder.ca)

3. Saat menjelaskan soal alasan kamu pindah kerja, ada baiknya jangan menceritakan hal-hal buruk yang kamu dapatkan di kantor yang lama. Bisa jadi, jawaban itu malah bisa menjebak dirimu, mereka akan berpikir bahwa kamu adalah orang yang tidak dapat dipercaya dan bisa dengan mudah membongkar rahasia perusahaan.

 Ini Jawaban dari Pertanyaan Menjebak Saat Interview Kerja. (Foto: us.experteer.com)

Selain memberikan jawaban dengan baik, ada satu hal penting yang tak boleh kamu lupakan, yakni penampilan. Tak dipungkiri bahwa yang dilihat oleh orang-orang pertama kali saat interview kerja adalah penampilan. Jangan mengenakan pakaian kusut, dan jangan lupa juga menggosok gigi dan mengenakan minyak wangi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading