Sukses

Lifestyle

Resep Membuat Kue Cucur, Penganan 90-an yang Makin Langka

Fimela.com, Jakarta Negara kita memang kaya akan berbagai macam jenis penganan tradisional mulai dari ragam makanan sampai kue-kue. Salah satu jenis kue tradisional yang sudah dikenal luas dari era 90-an adalah kue cucur.

Sayangnya saat ini mulai jarang kita temukan penjual kue cucur. Bahkan bisa dibilang sudah semakin langka. Seperti dilansir dari resepmedia, kue yang populer di beberapa daerah di Indonesia terutama di daerah Manado dan Jakarta ini termasuk kue yang rasanya nikmat dan punya bentuk yang unik. Kue ini kerap disajikan saat hari besar maupun pesta adat.

Meski sudah jarang kita temui tapi kamu tak perlu khawatir kalau ingin menikmati kue cucur. Kamu bisa belajar membuatnya sendiri di rumah Anda. Banyak yang mengatakan membuat kue ini termasuk gampang-gampang susah. Tapi sebaiknya kamu jangan putus asa dulu.

Kamu bisa mengikuti langkah demi langkah pembuatan kue ini, lengkap dengan berbagai tips yang bisa membantu menghasilkan kue cucur yang enak, mengembang dan berserat. Berikut ini resep membuat kue cucur yang dikutip dari inforesep.

Bahan yang disiapkan:

Kue Cucur. foto: cookpad

150 gram tepung beras
15 gram tepung terigu kadar protein sedang
¼ sendok teh garam
250 mililiter air
85 gram gula merah
50 gram gula pasir
1 lembar daun pandan, potong-potong
Minyak goreng secukupnya

Cara pembuatannya:

Kue Cucur. foto: cookpad

Rebus bahan jadi satu air bahan gula merah, gula pasir dan daun pandan sampai larut, angkat lalu saring. Diamkan sampai hangat2 kuku.

Tepung terigu, tepung beras dan garam dicampur jadi satu, tuang larutan gula sedikit-sedikit sambil diaduk dengan tangan sampai rata.
Setelah adonan kental, pukul-pukul dengan telapak tangan selama sekitar 30-40 menit sambil terus dituangi larutan gula sedikit-dikit sampai habis. Diamkan sampai 40 menit.

Siapkan wajan cekung dengan minyaknya. Minyak harus dalam keadaan panas, tuang 1 sendok adonan cucur, siram-siram dengan minyak panas sampai mengembang serta berserat dan pinggirnya membeku.

Lalu tusuk bagian tengahnya dengan lidi agar adonan yang masih mentah lari kepinggir. Siram-siram lagi dengan minyak panas, balik sebentar. Angkat Ulangi langkah diatas sampai adonan habis.

Bisa menemani kamu nostalgia kenangan indah di tahun 90-an, ini resep kue cucur yang enak! (Via: orangdalam.com)

Catatan tambahan, pastikan minyak dalam keadaan panas setiap sebelum menuang adonan sehingga hasilnya bisa mengembang dan berserat. Sebelum menuang adonan harus diaduk terlebih dahulu. Selamat mencoba resep kue cucur, penganan khas 90-an.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading