Sukses

Lifestyle

5 Fakta Kehidupan Guillermo Haro, Sang Astronom Penemu Bintang

Fimela.com, Jakarta Kemarin (21/3/2018) sosok Guillermo Haro muncul lewat laman Google Doodle di hari ulang tahunnya yang ke-105. Bicara soal Guillermo Haro, pria kelahiran Maret 1913 dikenal sebagai sosok yang sangat berpengaruh atas perkembangan astronomi khusunya di Meksiko.

Menjalani kehidupan selama 72 tahun, semasa hidupnya Guillermo Haro mendedikasikan hidupnya sebagai astronom, meski sebelumnya ia adalah seorang filsafat dan mempelajari hukum di National Autonomous University. 

Ya, perjalanan hidup Guillermo Haro memang menarik, dan berikut ini adalah lima fakta tentang Guillermo Haro sang astronom yang jasanya masih dikenang hingga kini, dihimpun dari berbagai sumber.

1. Haro adalah salah satu astronom pertama yang menyadari bahwa benda-benda ini terbentuk sebagai hasil dari proses pembentukan bintang secara kosmik. Dia juga menemukan apa yang sekarang disebut bintang flare - bintang terang merah dan biru - ditemukan di wilayah rasi bintang Orion.

2. Semasa hidupnya, bersama rekan-rekannya, Haro menemukan bintang suar, dan terus melakukan deteksi bintang-bintang suar secara intens. Selain bintang suar, Guillermo Haro juga menemukan berbagai bintang seperti T Tauri, satu supernova, lebih dari 10 novae, dan satu komet.

Prestasi dan Peninggalan Ilmu dari Guillermo Haro

3. Kontribusinya dalam ilmu astronomi menjadikan Guillermo Haro sebagai orang Meksiko pertama yang terpilih menjadi anggota Royal Astronomical Society pada tahun 1959.

4. Peninggalan ilmu dari Guillermo Haro bisa ditemukan di National Institute of Astrophysics, Optics, and Electronics yang ia dirikan dan wariskan untuk para mahasiswa sains. Selain itu, ia juga memiliki observatorium Guillermo Haro yang dijalankan lembaga tersebut di Meksiko.

5. Haro meninggal pada tanggal 27 April 1988 di Mexico City, dan dimakamkan di Rotunda.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading