Sukses

Lifestyle

Siapa Guillermo Haro yang Muncul di Google Doodle Hari ini?

Fimela.com, Jakarta Laman muka Google hari ini (21/3/2018) dihiasi doodle yang menggambarkan wajah seorang pria berkacamata yang muncul diantara bintang-bintang. Ya, sosok tersebut adalah Guillermo Haro, ahli astronomi asal Meksiko.

Kemunculannya lewat Google Doodle tak hanya untuk mempertingati ulang tahunnya yang ke-105, tetapi juga mengingatkan kita akan jasanya dibidang astronomi, terutama untuk perkembangan bidang ilmu tersebut di Meksiko.

Salah satu penemuan pria kelahiran 21 Maret 1931 ini pun digambarkan lewat Google Doodle hari ini, yaitu Haro Galaxy, gambaran galaksi biru dengan spektrum garis emisi yang tajam dan terang.

Semasa hidupnya, bersama rekan-rekannya, Haro menemukan bintang suar, dan terus melakukan deteksi bintang-bintang suar secara intens. Selain bintang suar, Haro juga menemukan berbagai bintang seperti T Tauri, satu supernova, lebih dari 10 novae, dan satu komet.

Seiring dengan berbagai penemuan dan kontribusinya di dunia astronomi, Guillermo Haro pun terpilih menjadi anggota Royal Astronomical Society pertama dari negara berkembang.

Peninggalan Guillermo Haro

Jika kamu ingin melihat peninggalan ilmu dari sosok Guillermo Haro, hal itu bisa ditemukan di National Institute of Astrophysics, Optics, and Electronics yang ia dirikan dan wariskan untuk para mahasiswa sains.

Selain itu, ia juga memiliki observatorium Guillermo Haro yang dijalankan lembaga tersebut di Meksiko.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading