Sukses

Lifestyle

Kerja Tambah Gemuk, Senang Atau Stres?

Next

Ada beberapa hal yang bisa membuat kamu tambah gemuk saat kerja. Bisa jadi karena stres, senang, atau bahkan karena memang risiko dari pekerjaan yang kamu jalani. Berikut ada beberapa hal yang harus kamu waspadai supaya nggak membuat berat badanmu meningkat drastis.

Job desc: Hunting makanan

Ada beberapa pekerjaan dengan job desc hunting makanan. Misalnya saja, para reporter, blogger, penulis kuliner, yang wajib mencicipi setiap menu baru, di resto-resto baru, dan para PR resto atau hotel yang harus menguasai produk kuliner mereka. Artinya, pekerjaanmu justru malah bisa membuat tubuhmu semakin melebar ke samping kalau nggak disiasati dengan cerdas.

Kalau kamu sudah menyadari 'makan' sebagai bagian dari pekerjaan kantor, ada baiknya kamu mulai imbangi dengan pola hidup sehat. Memang sih kelihatannya agak susah menjalani gaya hidup sehat, tapi tentunya semua itu demi aset kesehatanmu di masa depan dan tentunya untuk menjaga penampilan tubuhmu. Setidaknya, imbangi 'kebiasaan makan' kamu dengan teratur mengonsumsi buah dan sayur setiap hari, rajin bergerak, dan tentunya mengurangi fast food jika nggak sedang bertugas. Kamu nggak mau kan, hanya dalam jangka waktu 3 bulan berat badanmu melonjak 8 kg?

Next

 

Stress = craving

Nah, ini yang paling bahaya dan jarang disadari oleh kebanyakan dari kita. Banyak di antara kita yang menjadikan 'makan' sebagai pelarian saat sedang stres. Cokelat, es krim, fast food, dan semua makanan manis seolah 'halal' saat kita sedang stres.

Untuk menstabilkan emosi saat sedang stres, tubuh kita memang memerlukan asupan gula. Tapi, itu bukan berarti kamu bisa 'rakus' mengonsumsi sembarang makanan manis setiap sedang stres. Kalau memang butuh camilan, kamu sesekali boleh mengonsumsi makanan atau minuman manis, tapi setelah itu selingi dengan camilan sehat, misalnya seperti crackers gandum atau mungkin kacang-kacangan.

 

 

 

 

 

Next

 Kurang tidur

 

Buat para "pekerja malam" sepertinya harus hati-hati. Pada malam hari, secara alami tubuh akan meminta untuk diistirahatkan. Karena itu nggak heran kalau kamu nggak bisa bekerja secara optimal pada saat larut malam.

Saat tubuh nggak bisa bekerja optimal dan kamu dituntut untuk segera menyelesaikan pekerjaan maka bukan nggak mungkin stres justru akan menyerangmu. Dan saat seperti inilah lagi-lagi pada umumnya orang akan "melarikan diri" pada makanan. Kalau kamu sadar nggak bisa mencegah ngemil pada malam hari, sebaiknya sediakan buah, sayur, dan beberapa camilan sehat untuk teman kerja pada malam hari. Jangan justru membiarkan pekerjaan membuat kamu bertambah berat badan dan malah terkena penyakit gula.

Next

Senang dengan lingkungan kerja

 

Stres dengan lingkungan kerja sudah pasti nggak bagus buat kesehatan, tapi ternyata terlalu nyaman dengan lingkungan kantor juga nggak terlalu baik, lho. Misalnya saja, teman sekantor punya hobi makan yang sama dengan kamu, tapi juga malas bergeraknya nggak kalah klop. Inilah yang disebut lingkungan nyaman bisa membahayakan.

Nggak ada yang melarang kamu pergi sana-sini dengan teman kantor untuk menjajal semua masakan baru di resto ataupun warung-warung pinggir jalan. Tapi, ada baiknya juga, mencari teman yang bisa memotivasimu untuk selalu hidup sehat, ‘kan? Coba tambahkan kegiatan ekstrakurikuler kantor dengan olahraga bareng sepulang kantor.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading