Sukses

Lifestyle

Twitter, Media Pelampiasan Emosi Masyarakat Modern

Next

twitter

Dalam penelitian tersebut, peneliti membuat kalkulasi ekspresi emosi user berdasarkan pemilihan kata dan mendapat hasil bahwa ekspresi bahagia menjadi dominasi dari keseluruhan tweet. Namun, ditemukan juga kecenderungan bahwa ekspresi bahagia yang ditumpahkan dalam Twitter menurun sejak 2009 dan makin menurun pada awal tahun 2011.

Isu yang sedang hangat menjadi perbincangan disinyalir menjadi pemicu turunnya ekspresi bahagia, seperti berita kematian Osama bin Laden pada 2 Mei 2011, program bailout yang diambil oleh pemerintah Amerika untuk mengatasi masalah krisis ekonomi, wabah penyakit Flu Burung, kematian Michael Jackson dan Patrick Swayze, aktor film legendaris “Dirty Dancing” - yang semuanya terjadi di tahun 2009 -, serta kekalahan Inggris di ajang Piala Dunia dan berbagai bencana alam yang terjadi pada 2010.

Selain menggambarkan mood manusia secara tahunan, penelitian ini juga menemukan fluktuasi emosi yang berarti berdasarkan hari. Ditemukan bahwa ekspresi bahagia paling banyak ditemukan pada hari Sabtu, diikuti dengan peringkat kebahagiaan di hari Jumat dan Minggu, dan akan menurun pada hari Selasa.

 

Next

 

Michael Jackson

Sementara, bilangan waktu yang paling membahagiakan setiap harinya adalah pada pukul 5 dan 6 pagi, dan menurun hingga ke titik terendah antara pukul 10 hingga 11 malam. Perayaan hari besar juga berpengaruh dalam peningkatan ekspresi bahagia karena didukung oleh suasana liburan, seperti Hari Natal, Malam Natal, Tahun Baru, Valentine’s Day, hingga Thanksgiving.

Selain Twitter, Facebook pun menjadi media sosial sebagai penggambar mood seseorang dan pada awal tahun 2010 merilis Gross National Happiness Index, sebuah aplikasi untuk mengukur tingkat kenaikan dan penurunan semangat para member-nya. Cara kerja aplikasi ini adalah dengan mengadaptasi berbagai kata yang menggambarkan emosi positif atau negatif berdasarkan ilmu psikologi sosial.

Patrick Swayze

Keberadaan aplikasi ini dipastikan akan tetap menjaga privasi para member-nya karena aplikasi ini hanya akan mengumpulkan kata-kata yang sudah ditentukan seperti “happy”, “yay”, “awasome”, “sad”, “tragic”, dan “doubt”. Sama seperti hasil penemuan pada media Twitter, Facebook pun mencatat bahwa ada kenaikan ekspresi bahagia yang signifikan pada Hari Natal, Perayaan Tahun Baru, Valentine’s Day, dan akhir pekan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading