Sukses

Lifestyle

Pilihan Seru untuk Rayakan Imlek

Next

Spring in the City at Central Park Mall

 

Mencicipi Kemeriahan Suasana Spring in the City

Nggak punya acara spesial sambut Imlek di rumah? Kalau gitu, buat perayaanmu jadi spesial di Central Park Mall. Kenapa? Central Park—bekerja sama dengan DITP (Departement of International Trade Promotion, Thai Trade Center Jakarta) dan didukung oleh Thai Airways—menghadirkan acara bertema Spring in the City dengan tajuk “Celebrating Year of The Dragon”, dari 19 Januari –5 Februari 2012, lho, Fimelova. Beragam hiburan serta program belanja berhadiah sudah disiapkan buat kalian.

Suasana Imlek di Central Park mulai terasa karena dekorasi bertema Imlek sudah bisa ditemukan sejak pengunjung memasuki mall, apalagi ditambah lantunan lagu-lagu China. Ada apa lagi, ya?

 

“The Dragon of Nezha”

Pertunjukan spektakuler barongsai sepanjang 30 m dan dengan berat 20 kg, “The Dragon of Nezha”, yang dihadirkan jauh-jauh dari Thailand akan menghibur pengunjung dari tanggal 19 hingga 22 Januari 2012, tiga kali dalam sehari: pukul 15.00, 17.00, dan 19.00. Buat kamu yang penasaran, bisa langsung serbu Laguna Atrium! Pertunjukkan ini berasal dari legenda yang sudah ada ± 1.000 tahun yang lalu di China. Naga sendiri dikaitkan dengan kekuatan, kesehatan, harmonisasi, dan keberuntungan.

“Pertunjukan barongsai ini pertama kali di Indonesia karena menggunakan teknik phyro, yaitu teknik-teknik berbahaya yang dilakukan di atas tiang setinggi 12 m, dengan jumlah pemain tak kurang dari 10 orang, “ ungkap Veri Y. Setiady, Executive Director Central Park Mall.

 

 

 

 

 

 

Lunar Fireworks Show

Sebagai puncak perayaan, Central Park Mall pun menghadirkan pertunjukan spektakuler Lunar Fireworks Show pada 23 Januari 2012, dilengkapi dengan penampilan Tina With D’Girls.

Barongsai dan Liong Dance

Pertunjukan barongsai dan Liong Dance bisa kamu saksikan tanggal 23, 28, dan 29 Januari serta 5 Februari 2012.  

Cheongsam Competition dan Ghu Zeng Music

Tak ketinggalan, untuk menambah kemeriahan rangkaian acara, Kids Cheongsam Competition dan Ghu Zeng Music juga digelar pada 4 Februari 2012.

Fortune Fountain

Pengunjung Central Park juga dimanjakan dengan keindahan Fortune Fountain di Laguna Atrium setiap hari selama event berlangsung. Fortune Fountain bukan air mancur biasa. Sesuai dengan namanya, “air mancur keberuntungan”, air mancur ini akan membagi keberuntungan dengan pengunjung Central Park Mall. Central Park lovers cukup berbelanja minimal Rp500.000,- (bisa gabungan dari 3 struk berbeda di hari yang sama) untuk memenangkan hadiah-hadiah spesial, seperti Macau Trip, Shanghai Trip, Hongkong Disneyland Trip, LCD-TV, HP, DVD, dan voucher. Eits, masih banyak lagi hadiah lainnya! 

Next

Serunya Mempersiapkan Tuan Yuan Fan di Rumah

Di rumah ada acara kumpul keluarga sambut Sinchia? Bingung mau masak apa yang istimewa tapi simpel untuk tuan yuan fan, atau makan malam keluarga, yang jadi ritual tahunan warga Tionghoa?

Keluarga Tionghoa biasanya merayakan tahun baru secara besar-besaran dengan menyediakan beragam hidangan daging dan sayur yang memerlukan persiapan panjang untuk menjamu keluarga besar. Dengan adanya peralatan masak dari Electrolux, persiapan jamuan makan malam akan lebih menghemat waktu dan tenaga. Jadi, kamu tak kelelahan dan tetap bisa merayakan Sinchia dengan tubuh fit. Seperti apa produknya? Ini dia: EGT 9435 K yang memiliki cooking hob dengan fitur 3 tungku berjarak ekstra lapang dan EFA 90540 X yang menggunakan cooking hood dengan fitur silent performance, yang mempermudah proses memasakmu.

Electrolux Product

 

Lalu, hidangan apa saja yang biasa disajikan saat makan malam keluarga?

Seafood 

Ikan kukus (steamed fish) dianggap sebagai hidangan penting yang wajib disisakan karena ikan (yu dalam bahasa Cina) mempunyai kemiripan kata dengan pengucapan ???? (nian nian you yu), yang artinya mendapat berkah sepanjang tahun. Hidangan Abalone (masakan dari jenis kerang-kerangan) juga disajikan dengan alasan sama, umumnya dengan brown sauce, jamur, atau sayuran hijau.

Ada pula hidangan ikan dari Singapura yang disebut yu sheng, mengandung 27 bahan makanan, di antaranya, ikan kembung atau salmon mentah, lobak putih, wortel, paprika merah, acar jahe merah, jeruk yang dikeringkan, daun jeruk limau, peterseli China, cabai, ubur-ubur, kacang cincang, wijen panggang, kerupuk udang, dan lima bubuk rempah. Menurut ritual, seluruh anggota keluarga mencampur bahan-bahan tersebut dengan saus plum, cuka beras, pasta kumquat, dan minyak wijen.

Fatt Choy

Hidangan lain yang wajib disediakan sebagai hidangan makan malam adalah Fatt Choy, rumput laut hitam yang menyerupai rambut. Umumnya dimasak bercampur dengan tiram kering, daging babi, selada, dan jamur dengan kaldu ayam serta saus tiram. Nama Fatt Choy atau Fa Cai mirip dengan kata rezeki atau berkah.

Next

 

Bebek atau Ayam Panggang

Daging unggas juga menjadi makanan pokok menyambut Sinchia. Jika kamu tertarik membuatnya sendiri, berikut resep bebek panggang Chef Daniel Menezes yang dimasak dengan Oven Electrolux EOB 307 X.

 

Chinese Roast Duck (2,5–3 kg)
Sumber: The Little White Book


Chinese Roast Duck

 

Bumbu untuk lapisan bebek

300 ml cuka putih

50 ml cuka merah

50 gram sirup maltosa

40 ml air panas

20 ml arak China

 

Bumbu bebek 

60 gram bawang merah (kupas dan pipihkan)

25 gram jahe segar (pipihkan)

15 gram garam

25 gram gula

5 gram bubuk rempah

2 buah adas

2 sendok makan Chinese rose wine atau sherry


Cara membuat
Bersihkan bebek dan hilangkan semua organ dalamnya. Sebelum dicuci, disaring, dan dikeringkan, potong bagian leher, sayap, dan kakinya. 

Masukkan semua bumbu ke dalam tubuh bebek dan balurkan juga ke bagian luarnya. Tutup bagian bawah bebek dengan tusukan besi atau bambu. 

Siapkan sepanci air panas untuk membersihkan kulit bebek. Setelah itu, taruh bebek di bawah aliran air dingin dan biarkan sampai kering.  

Campur bumbu untuk lapisan bebek dan tuang secukupnya ke daerah kulit. Gantung sayap bebek selama ± 4 jam (Bila memakai Electrolux oven konveksi dengan setting-an Ultra Fan, bebek bisa dikeringkan pada suhu 500 C selama 90 menit).    

Panggang bebek pada suhu 1750 C selama 45 menit sampai berwarna cokelat keemasan. Bila menggunakan oven dengan kipas konveksi, jangan lupa mengurangi suhu sekitar 50 C–80 C jika bebek berubah warna terlalu cepat, mencegah agar bebek tidak hangus. 

Jadi, pilih yang mana?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading