Sukses

Lifestyle

Periksa Payudara Sendiri: Fakta & Aturannya

Next

sadariKanker memiliki momok tersendiri pada masyarakat. 'Tidak ada harapan hidup', itulah yang kali pertama terbayang pada penderita kanker ketika divonis oleh dokter. Padahal, menurut salah satu anggota Yayasan Kanker Payudara Jakarta dalam sebuah acara konferensi pers di daerah Jakarta Barat, kanker payudara yang masih berada pada tahap awal atau stadium 1 masih sangat mungkin untuk disembuhkan. Karena itulah penting bagi kita untuk selalu waspada dan rutin SADARI.

Next

 

sadariSaat ini, kanker payudara menjadi pembunuh perempuan nomor 1 setelah kanker mulut rahim. SADARI sangat penting dilakukan secara rutin untuk terus memantau kesehatan dan kondisi payudara karena kita sendiri yang tahu persis tentang keadaan payudara kita. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk melakukan SADARI?

"SADARI memang tampak seperti kegiatan yang sepele, tapi justru SADARI adalah cara yang pas untuk menemukan benjolan di payudara kita. SADARI lebih baik dilakukan setiap hari saat mandi bersamaan ketika kita menyabuni seluruh tubuh untuk memastikan tidak ada daerah yang tidak teraba karena memang kita sendiri yang mengetahui dengan persis bagaimana kondisi payudara kita. Dan waktu yang paling baik untuk melakukan SADARI adalah pada hari kedua menstruasi," ujar Prof. Soehartati Gondhowiardjo, M. D., Ph. D. (onkolog) pada FIMELA.com.

Namun, mengingat payudara adalah organ yang kaya akan kelenjar, tentunya kita nggak bisa langsung memvonis benjolan yang kita temukan saat kali pertama SADARI sebagai kanker. "Jika pada kali pertama melakukan SADARI kita tidak menemukan benjolan, namun pada kali ketiga tiba-tiba ada benjolan, kita tidak bisa langsung memvonis benjolan tersebut kanker payudara. Lihat selama 1—2 bulan, bisa jadi benjolan tersebut karena pengaruh siklus hormonal kita.

Next

 

sadariTerlebih saat kita akan memasuki masa menstruasi. Hal normal jika terdapat benjolan atau payudara sakit menjelang menstruasi karena adanya pergolakan hormon di tubuh kita. Namun, jika sudah memasuki bulan kedua benjolan di payudara kita masih ada di tempat yang sama, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke rumah sakit," saran Prof. Soehartati.

Yang paling penting dari SADARI adalah menjaga pola hidup sehat, hindari stres, dan jaga keseimbangan hidup. Jangan sampai suatu saat benjolan berbahaya tersebut hinggap di payudaramu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading