Sukses

Lifestyle

Terlalu Sering Konsumsi Kafein & Soda, Sebabkan Kista?

Next

kistaKopi dan teh, dua jenis minuman yang tidak dapat dihindari setiap hari. Sarapan, meeting, dan waktu senggang hampir selalu diisi dengan kedua minuman tersebut. Salah satu dampak yang terlihat dari konsumsi kafein setiap hari adalah gigi yang lama-kelamaan akan menguning.

Bukan hanya kafein yang tidak bisa dihindari dari rutinitas harian kita, minuman bersoda pun hampir tidak bisa absen. Walaupun memang saat ini sudah cukup banyak orang yang sadar bahwa konsumsi soda berdampak tidak baik  untuk kesehatan.

Selain sebagai minuman pengisi waktu luang, ada sebagian perempuan yang mengonsumsi soda setiap bulannya untuk mengurangi rasa nyeri haid. Padahal, menurut dr. Raden Kusumadewi, salah satu dokter yang praktik di sebuah klinik bersalin di Kemang, yang dihubungi FIMELA.com, dalam kedokteran, soda tidak bisa mengurangi nyeri haid bulanan.

Next

kista

Ada beberapa orang yang mengatakan salah satu dampak dari seringnya mengonsumsi kafein dan soda adalah timbulnya kista. “Beberapa tahun lalu saat saya masih tinggal di Amerika, saya pernah menjalani operasi pengangakatan kista. Dulu memang pola hidup yang saya jalani memang jauh dari kata sehat. Pekerjaan yang saya jalani menuntut saya untuk terus bergadang setiap hari. Dan untuk mengisi waktu kerja saya saat malam maka rokok, kopi, dan soda pun menjadi teman akrab saya. Dokter di sana mengatakan bahwa penyebab timbulnya kista pada rahim saya adalah karena kafein dan soda yang setiap hari saya konsumsi. Tapi, di walaupun dokter mengatakan kafein dan soda adalah penyebab kista di rahim saya, saya sadar bahwa gaya hidup salah yang saya jalani adalah penyebabnya," ujar Carla, 38, ibu rumah tangga dan karyawan swasta.

 

 

Next

kistaDokter Dewi mengatakan hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa kafein dan soda adalah penyebab kista. “Terlalu sering mengonsumsi soda yang pasti akan menyebabkan pengeroposan tulang secara perlahan namun pasti. Dan pastinya akan bisa menyebabkan meningkatnya berat tubuh karena kalori yang ada di dalamnya. Kista timbul akibat ketidakseimbangan hormonal. Dan yang pasti gaya hidup tidak sehat dengan tingkat stres tinggi sangat mungkin membuat kista timbul dan hidup subur di rahim. Jadi, jika dikatakan soda dan kafein merupakan penyebab timbulnya kista, sebenarnya bukan soda dan kafein yang salah tapi gaya hidup yang kita jalanilah yang menjadi pencetus timbulnya kista,” ujar dr. Dewi.

Sedangkan dr. Ramadhan, Sp.B.Onk, mengatakan jika memang pola hidup seperti itu, bergadang, rokok, kafein, dan soda, yang dijalani maka bukan hanya kista, kanker pun bisa tiba-tiba muncul sekalipun kita tidak pernah memiliki riwayat kanker dalam keluarga.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading