Sukses

Lifestyle

Hindari Lilitan Utang Lebaran, Mulai Budgeting dari Sekarang!

Next

budgeting lebaranLebaran membuat terbelit utang

Bulan Ramadan bagi sebagian orang malah menjadi lebih boros dibandingkan dengan bulan-bulan biasanya. Pengeluaran tambahan untuk penganan berbuka dan undangan untuk menghadiri berbagai acara buka puasa bersama di luar membuat pengeluaran membengkak. Nah, ketika Hari Raya, pengeluaran justru bisa lebih membengkak dan tidak terkendali.

Umumnya, ketika THR sudah di tangan, semua barang yang terlihat di depan mata seolah menjadi perlu dan tanpa sadar kita akan begitu saja menghabiskan uang THR. Bahkan, tanpa terasa kita malah menggunakan uang yang seharusnya menjadi jatah pengeluaran lainnya. Jangan sampai justru Hari Raya membuat kita terbelit utang dengan sikap konsumtif kita yang tidak bisa dikendalikan. Lihat saja, aktivitas di Gedung Pegadaian dan penggunaan kartu kredit menjelang Hari Raya pasti akan meningkat. Kenapa? Karena semua barang “mendadak menjadi penting”. Dan salah satu yang membuat sikap konsumtif tidak terkendali adalah karena tidak adanya anggaran belanja Hari Raya yang pasti yang bisa dijadikan patokan.

Next

budgeting lebaranDana THR bisa langsung dihabiskan?

Jika benar THR akan turun minggu ini, berarti akan turun bersama dengan gaji bulanan. Eits, jangan justru langsung membuatmu khilaf, Fimelova. Uang yang membuat tabunganmu bertambah dua kali lipta tetap harus digunakan dengan bijak. Ingat bahwa sudah ada masing-masing pos dari dana gaji dan THR. Sebisa mungkin jangan campurkan keperluan Hari Raya dan keperluan rutin.

“Dana THR memang dapat dihabiskan semua untuk keperluan puasa dan lebaran.  Agar efektif penggunaannya, menjelang puasa dan Lebaran harus dibikin anggaran yang rinci. Jadi, walaupun akan habis dalam hitungan hari, namun semua keperluan puasa dan Lebaran sudah bisa terpenuhi semua,” Lisa Soemarto, Senior Advisor AFC. Lagi-lagi, kuncinya adalah budgeting dengan tepat! Masukan semua kebutuhan mulai dari keperluan tiket mudik, belanja makan, hingga jatah THR dan zakat yang harus dikeluarkan.

 

 

 

Next

budgeting lebaranSisakan waktu untuk budgeting Lebaran, sekarang!

Jika sesuai dengan rencana, THR akan segera dalam genggaman dalam hitungan hari. Untuk itu, sisakan waktu untuk mulai membuat budgeting Lebaran yang akan dirayakan sekitar 2 minggu lagi. Buat, kamu yang sudah berkeluarga, tentu harus berdiskusi dengan pasangan sebelum membuat budget Lebaran yang akan dipakai sebagai patokan belanja Hari Raya. Sedangkan untuk mereka yang masih lajang, menyaring berbagai keperluan yang “seolah mendadak perlu” dan kedisiplinan menjadi kunci utama dalam membuat budgeting Lebaran.

“Jangan sampai pengeluaran saat Lebaran membuat Anda berutang atau tidak memiliki sisa bonus sama sekali. Seringkali, pembelian-pembelian kecil dianggap remeh, namun setelah semuanya dijumlahkan kamu baru sadar kalau sudah terlalu boros,”  ujar Jocelyn Pantastico, CEO sekaligus pendiri LiveOlive.

Sekarang, saatnya kamu menyisihkan waktu untuk membuat patokan belanja keperluan Hari Raya. Bingung dan perlu bimbingan dalam menyusun anggaran belanja? Bikin budgeting Lebaran nggak ribet kok. Kamu tinggal klik di sini, dan voila! Susunan belanja Lebaran rapi akan segera dikirim ke alamat e-mail kamu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading