Sukses

Lifestyle

Ingin Jadi Businesswoman, Yuk Belajar dari 3 Pengusaha Muda Sukses Ini!

Jakarta Industri kreatif Indonesia memang sedang menggeliat. Banyak orang yang mulai berpikir untuk membuat usaha sendiri, atau menjadi seorang pengusaha. Tetapi, bercita-cita menjadi business woman atau business man memang tidak mudah, Fimelova. Banyak rintangan yang harus dijalani di awal-awal ‘pembangunannya’, mulai dari cara mendapatkan investor, ‘menjual’ produk mereka, hingga menentukan bidang apa yang cocok untuk dijalankan.

Kamis, 26 Februari 2015 lalu, para kaum urban yang tertarik dengan kewirausahaan pun berkumpul di Artoz Bar, SCDB, untuk mendapatkan ilmu terbaru di talkshow “Change Maker” yang bertemakan “Rise of the Young Entrepreneur”. Acara yang diikuti oleh banyak peserta ini menghadirkan 3 pengusaha muda yang sukses, yaitu Ben Soebiakto (CEO Octovate Group Asia dan CMO KapanLagi Network), Gaery Undarsa (Managing Director dan Co-Founder Tiket.com), dan Erastus Radjimin (CEO Artotel Indonesia).

Di kesempatan kali itu, 3 pengusaha sukses ini berbagai pengetahuan dan pengalaman mereka selama menjalani bisnis mereka. Soal pendanaan, sebagai contohnya, Co-Founder dan Managing Director Tiket.com, Gaery Undarsa menyarankan untuk memilki link seluas-luasnya untuk mendapatkan investor yang tepat. Ia pun mengatakan, dengan mencari investor yang memiliki passion sama dengan bisnis yang akan kita jalankan merupakan cara terbaik. Hal ini pun dialami sendiri oleh dirinya.

Lalu, bidang bisnis seperti apa yang sebaiknya kita jalani?

Bagi pebisnis pemula, menentukan bidang yang akan digelutinya memang menjadi salah satu faktor yang penting. “Hal yang paling mudah adalah mengetahui apa yang kita sukai. Dari situ, selanjutnya bisa menjadi ide untuk memulai bisnis,” ujar Ben Soebiakto.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh CEO Octovate Group Asia dan CMO KapanLagi Network tersebut, Erastus Radjiman pun mengungkapkan pendapatnya. “Jika kita menjalani bisnis dari apa yang kita sukai dan menyukai apa yang kita kerjakan, maka kesempatan juga akan datang. Basically, just do what you love and love what you do,”ujar CEO Artotel ini.

Menambahkan dari kedua rekannya, Gaery Undarsa mengatakan, bahwa mengetahui keadaan pasar pun wajib dilakukan. Jangan sampai bisnis yang kita jalani yang berdasarkan kesukaan kita tersebut tidak bisa berjalan dengan lancar lantaran market yang belum siap menerima produk kita. “Selain itu pastikan juga apakah produk kita itu significant di pasar. Karena, banyak dari teman saya yang pada akhirnya bisnisnya jadi tidak berhasil karena terlalu idealis,” cerita Gaery.

Ya, menjadi pengusaha sukses memang perlu perjuangan. Tetapi, saat membangun bisnismu setidaknya pastikan kamu memiliki faktor penting ini: Percaya diri, tekun, memilki partner yang tepat dan networking yang luas, serta do what you love.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ikuti Serunya Fimelahood dan Jadikan Restomu Lebih Rame!