Sukses

Lifestyle

Puas-Puas Makan Sajian Nusantara, Cara Paling Pas Rayakan Bulan Kemerdekaan

 

Jakarta Ditengah popularitas makanan Western dan Jepang di tanah air khususnya Ibukota sendiri, ternyata berbagai menu hidangan nusantara masih jadi prioritas. Dengan berbagai pilihan bergaya, kini memilih resto dengan sajian nusantara dengan atmosfir yang nyaman bukan lagi hal yang sulit bagi penggemar kuliner di Jakarta. Bulan ini bisa jadi waktu yang tepat untuk kita pecinta makanan untuk berpetualang memanjakan selera dengan cita rasa tanah air yang kaya. Sebab bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia, berbagai resto sampai hotel mengadakan bermacam festival kuliner menu hidangan nusantara yang wajib dicoba. 

Dengan atmosfir yang tidak diragukan lagi kenyaman dan keindahannya, berbagai resto pilihan Fimela ini menyajikan rangkaian menu hidangan nusantara selama bulan Agustus. Tak hanya menawarkan hidangan yang pastinya menggugah selera, bentuk presentasi hidangan di resto-resto ini ditata secantik mungkin, sesuai kebutuhan foto dan feed Instagram dengan caption, Food of the Day. Scroll down for more tastiness! 

 

1.JW Mariott Hotel. 

Menyambut hari kemerdekaan Indonesia, JW Mariott Hotel Jakarta mengadakan satu kompetisi chef internal untuk menciptakan kreasi masakan Indonesia yang menggugah selera. Kompetisi ini diikuti oleh tujuh jaringan hotel Marriott International yang berpartisipasi yaitu, JW  Marriott  Hotel  Jakarta,  The  Mayflower  Executive  Apartments Jakarta,  The  Westin  Jakarta, Keraton at the Plaza, Le Meridien Jakarta, The Hermitage dan Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel. Berbagai menu terbaik telah melewati tahap seleksi hingga muncul satu hidangan pemenang. Chef Ridwan dari Sailendra Restaurant JW Mariott Hotel Jakarta, berhasil memikat hati para juri dengan resep keluarga yang betrayal dari Jawa Barat, haiti Nasi Tutug Oncom dengan Gepuk Sambal Kecombrang. 

Nasi Tutug Oncom merupakan kombinasi antara nasi dan oncom yang dipanggang dalam daun pisang. Sedangkan Gepuk Sambal Kecombrang adalah daging manis dan guru yang dikombinasikan dengan saus radikal rempah Indonesia. Kecombrang yang sering digunakan sebagai campuran dalam pembuatan sambal. Kombinasi hidangan ini benar-benar menggambarkan cita rasa Indonesia. Tak lupa berbagai menu pilihan lainnya seperti Ikan Pecak Betawi, Kluwek Semur Daging Sapi, Nasi Goreng Kambing, Nasi Ulam dan Tuna Saus Mangut yang dapat dinikmati dari 10  -  20  Agustus  2017 di tujuh jaringan hotel Marriott International di Jakarta. 

 

2. Cita Rasa Plaza Indonesia 

Bila pergi ke mall, tujuan tempat makan biasanya jatuh ke berbagai resto Jepang dan western yang tersedia. Namun berbeda dengan mall satu ini, ikut merayakan bulan kemerdekaan Indonesia, Plaza Indonesia mengadakan Indonesia Food and Art Festival. Satu festival yang diadakan sepanjang bulan Agustus sebagai bentuk apresiasi akan karya-karya seni anak bangsa serta keberagaman sajian khas Indonesia dari berbagai daerah. Salah satu programnya adalah Cita Rasa Indonesia, dimana beberapa gerai makanan pilihan yang berlokasi di Plaza Indonesia akan menyajikan makanan khas Indonesia dengan menu khusus yang hanya dapat ditemukan pada bulan ini. 

Sajian Rendang 7 Rasa oleh Sari Ratu, Liwetan 17 Provinsi dari MDL, Nasi Rawon US Short Ribs dari Bistro Baron, Nasi Goreng Melinjo dan Nasi Jenggo dari Kafe Betawi, aneka makanan khas Manado dari Rempah Kita, Cocktail dengan campuran rasa minuman tradisional Indonesia seperti Asinan, STMJ, Kopi Tubruk dan Neng Geulis dari Cork&Screw serta aneka sajian khas Indonesia lainnya bisa kita cicipi. Aneka makanan ini dibuat khusus untuk menyambut kemerdekaan dan dapat dinikmati pengunjung di masing-masing gerai selama bulan Agustus 2017.

 

3. Bunga Rampai  

Sedikit berbeda dengan berbagai resto yang menampilkan menu spesial untuk memperingati kemerdekaan Indonesia di bulan ini, resto Bunga Rampai justru mengadakan Mini Food Festival dengan aneka masakan nusantara yang berbeda setiap bulannya. Sesuai dengan namanya, Bunga Rampai, yang menyatukan aneka sajian Nusantara, dan bulan ini menu hidangan Minahasa dipilih untuk pecinta makanan tanah air. Masakan Minahasa seperti kerapu woku, udang kenari, dan kuah asam dipadukan dengan Nasi Kuning Manado, menjadi satu menu lengkap yang sungguh memanjakan selera. 

Nasi kuning khas Minahasa atau popular juga dengan panggilan nasi kuning Manado yang disajikan di Bunga Rampai merupakan paduan nasi kuning dengan berbagai lauk seperti cakalang rica, semur daging, keripik kentang, telur rebus, sambal balacang (terasi), sambal roa, bihun goreng, perkedel jagung, dan kerupuk udang. Ditutup dengan klapertaart , adonan tepung, susu, telur, dan gula dengan bahan utama kelapa muda yang “dipanggang” kemudian disantap hangat. Tahukah, ternyata masakan ini sebenarnya merupakan masakan Indo Belanda yang sekarang sudah menjadi makanan khas Minahasa. Tak berhenti sampai disini saja, selama 12 bulan ke depan, Bunga Rampai akan menyajikan dua belas macam hidangan yang berasal dari 12 daerah di Nusantara setiap bulannya seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali. 

 

4. The Ritz-Carlton Jakarta,  Mega  Kuningan

Dalam rangka  Hari Kemerdekaan Indonesia  yang  ke-72, The Ritz-Carlton Jakarta,  Mega  Kuningan  mempersembahkan  dua  promosi  kuliner  Indonesia:  “Indonesian Colonial Cuisine”  di Asia Restaurant yang berlangsung dari 9-19  Agustus  2017  dan “Merdeka Moments” di Lobo Restaurant pada tanggal 14 hingga 18 Agustus 2017. 

Di Asia Restaurant, kita dapat mencicipi beragam  hidangan  unik  yang  menilas  balik  ke  zaman  penjajahan

Belanda  di  Batavia, dengan  berbagai  hidangan  khas  seperti: Nasi  Krawu (hidangan  otentik  yang  terbuat  dari  nasi  yang dibungkus daun pisang dengan irisan daging sapi, semur sapi, serundeng dan sambal terasi, Bebek  Ingkung (berasal  dari  Madura,  Jawa  Timur,  bebek  ini  dibumbui  dengan  bahan-bahan  gurih tradisional seperti santan, jahe dan asam jawa), Bubur Ase Betawi (bubur  berisi potongan  daging  sapi  dan tahu  dilengkapi  dengan  acar  dan  kerupuk) serta hidangan khas Indonesia lainnya. Promosi kuliner ini dimulai dari harga  Rp. 318.000 ++ per orang dan tersedia untuk makan siang dan makan malam. Bagi yang berulang-tahun di tanggal mana pun  pada  bulan  Agustus ini juga berhak  mendapatkan  potongan  harga  sebesar  45%,  dengan  hanya menunjukkan kartu identitas mereka kepada staf restoran pada saat kedatangan di restoran. Jumlah yang sangat lumayan, kan?

Sementara 'Merdeka Moments' di LOBO Restaurant,  dimulai pada 14 hingga 18 Agustus 2017. Chef  de  Cuisine Jan  Schwittalla  akan  menyiapkan hidangan spesial 5 set menu yang terinspirasi oleh berbagai hidangan lokal yang ia temukan sejak tiba di Indonesia. Rangkaian menu seperti Gado-gado, Gulai  Ayam, Pepes  Ikan, Rendang dan  salah  satu  makanan  penutup  yang  tak  kalah  populer  di  Indonesia, Es Cendol disajikan dengan gaya hidangan Eropa yang menggugah selera. Sudah terbayang meriah rasanya.

 

 

(picture : Exclusive)

 

;
Loading