Sukses

Lifestyle

Kementerian Pariwisata Gandeng Para Artis Untuk Semarakkan Mudik Lebaran

Bintang.com, Jakarta Di bulan Ramadan ini, kunjungan wisatawan lokal maupun internasional di Indonesia memang menurun. Hal itu sudah diantisipasi oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang dianggap sebagai hal yang wajar.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata Arief Yahya di sela-sela acara Buka Puasa Bersama Kementerian Pariwisata di Ayana Hotel Mid Plaza, Jakarta Pusat, Rabu (6/6/2018). Menurut Arief Yahya, pada dasarnya semua produk barang dan jasa akan ada masa low seasons.

Karena itu, pihak Kemenpar sudah menyiapkan sejumlah langkah khusus untuk meningkatkan kunjungan wisatawan terutama dari mancanegara. Salah satunya melalui program Hot Deals selama bulan puasa. “Kita sudah mengantisipasi dan menyiapkan solusinya, diantarnya dengan membuat program Hot Deals Visit wonderful Indonesia (ViWI) 2018 dengan harga bundling sampai 50 dan 70 persen,” terang Arief Yahya.

Ia juga mengatakan, selama Ramadan pergerakan wisatawan di Indonesia turun sampai 50 persen. Dari rata-rata pergerakan wisatawan lokal per bulan 20 juta, memasuki bulan Ramadan turun menjadi 10 juta.

“Ini hal yang wajar saja, dan akan tertutupi saat masuk liburan Lebaran. Jumlah pemudik bisa mencapai 20 juta, sehingga periode Ramadan dan Lebaran terjadi pergerakan wisatawan nusantara sampai 30 juta,” sambung Arief Yahya. Untuk itu Kemenpar membuat program Pesona Mudik Lebaran bersama sebuah bank pemerintah serta menggandeng sejumlah artis terkenal seperti Teuku Wisnu, Ricky Harun, Fitri Carlina dan Prilly Latuconsina.

Melalui program Pesona Mudik Lebaran bersama Oleh-oleh Artis, mereka akan memberikan informasi tempat-tempat wisata bagi pemudik, dan berbagai aktivitas yang menarik lainnya terutama melalui sosial media. 

2 dari 2 halaman

Oleh-oleh Artis Kekinian

Dalam aktivitas ini Kemenpar telah menjalin kerjasama co-branding dengan lebih dari 100 brand, dimana sekitar 37 brand di antaranya termasuk brand yang dimiliki oleh selebriti. Brand oleh-oleh artis kekinian tersebut akan mempromosikan program wisata mudik lebaran di kota-kota tempat mereka beroperasi.

Sementara itu Gedung Sapta Pesona, pada 6 dan 7 Juni kemarin, diadakan bazar oleh-oleh artis bekerjasama dengan BRI dan Rumah Zakat. Beberapa brand oleh-oleh artis yang meramaikan bazar ini adalah Gigieat Cake, Really Cake, Bebely Cake, Princess Cake, Bandung Kunafe, Cirebon Kelana, Bogor Rain Cake, Batik Trusmi, Solovely Cake dan masih banyak lagi.

Menpar Arief Yahya beberapa kali mengatakan, para artis adalah endorser yang luar biasa bagi kampanye pariwisata. Kebetulan para artis sebagian besar berbisnis oleh-oleh kekinian di kota-kota yang menjadi destinasi wisata, sehingga sangat pas dan relevan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di saat mudik lebaran.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Keutamaan Salat Tasbih, Bacaan Niat dan Tata Caranya
Artikel Selanjutnya
Prilly Latuconsina Sudah Mengkhatamkan Alquran Sejak SD