Sukses

Lifestyle

Gusi Bengkak, Ini 3 Bahan Alami yang Bikin Sembuh

Fimela.com, Jakarta Gusi bengkak memang sangat mengganggu aktivitas. Soalnya, gusi bengkak bukan cuma membuat pipi jadi besar sebelah, tapi juga menimbulkan sakit yang kadang tak tertahankan. 

Berbeda dengan sakit gigi karena bolong, gusi bengkak bukan cuma dikarenakan kurang bersih saat menggosok gigi. Tapi, ada banyak penyebab lain yang jarang orang tahu. 

Salah satu stunya, dilansir dari Liputan6, Gingivitis, atau penumpukkan plak pada gusi. Jadi, plak bukan cuma bisa menumpuk pada gigi, lho! 

Nah, plak yang bertumpuk ini lama-lama menyembabkan inflamasi yang disebut gingivitis. Selain itu, gigi bolong juga bisa menyebabkan gusi bengkak. Soalnya, kuman yang ada di dalam lubang tersebut bisa merambah ke gusi. 

Tapi, jangan khawatir karena gusi bengkak sebenarnya bisa diredakan dengan banyak cara alami. Masih ingat dulu waktu kecil kamu diharuskan berkumur dengan air garam saat sakit gigi? Air garam ini memang berkhasiat sebagai antiseptik. Sehingga, bisa mengurangi bengkak dan rasa sakit pada gusi

1. Lemon

Selain garam, kamu juga bisa pakai air perasan lemon. Air perasan lemon ini mengandung alkali alami dengan kadar pH yang cocok untuk mulut. 

Selain itu, lemon juga mengandung antibekteri yang sangat efektif membasmi bakteri jahat di mulut dan gusi. Caranya nggak susah, kok! Kamu cuma tinggal peras 1 buah lemon dan campur air perasannya dengan segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari, sampai gusi yang mengkak mereda. 

Merica

Merica juga bisa kamu gunakan sebagai obat gusi bengkak. Karena, merica mengandung anti bakteri dan inflamasi. 

Caranya juga mudah. Campur sedikit merica dan garam. Lalu tuangkan sedikit air, aduk hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pada gusi yang bengkak. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading