Sukses

Lifestyle

Mengenal Gerda Taro, Perempuan yang Muncul Jadi Google Doodle

Bintang.com, Jakarta Seorang perempuan yang tengah memegang kamera jadul sambil tersenyum terlihat menghiasi halaman utama mesin pencarian Google pada Rabu (2/8/2018). Dialah Gerda Taro, perempuan yang tercatat sebagai fotografer perempuan pertama. Google membuat Doodle Gerda Taro untuk mengenang hari kelahiran Gerda Taro yang ke-108 tahun.

Kematian Gerda Taro memang sangat tragis, ia tewas dalam sebuah kecelakaan. Saat itu Gerda Taro masih berusia 26 tahun sedang melaksanakan tugasnya sebagai seorang pewarta foto. Namun di tengah perjalanan untuk meliput perang sipil di Spanyol, mobil yang ditumpanginya menabrak sebuah tanki bensin.

Hingga kini foto-foto yang diambil Gerda Taro sebelum kecelakaan tersebut tidak pernah terlihat. Ada banyak versi soal penyebab kematian Taro, beberapa sumber mengatakan bahwa Gerda ditabrak tank saat akan memotret di Brunete, Spanyol.

Gerda Taro lahir pada 1 Agustus 1911 di Stuttgart, Jerman. Gerda yang memiliki nama lahir Gerta Pohorylle harus pergi ke Paris untuk mengungsi. Dilansir dari Time, Kamis (2/8/2018), di Paris Gerda bertemu dan jatuh cinta dengan serang fotografer bernama Robert Capa. Ya, Capa lah yang akhirnya mengajari Taro fotografi.

Kematian Gerda Taro tentu saja sangat mengejutkan untuk Robert Capa. "Saat mendengar kabar tersebut, ia (Capa) pingsan, hingga beberapa pekan setelahnya Capa tampak putus asa. Mereka adalah pasangan sejati dalam berbagai hal," ujar Jane Rogoyska, penulis buku baru bertajuk Gerda Taro: Inventing Robert Capa, dilansir CNN.

;
Loading