Sukses

Lifestyle

HUT RI ke-73, Lomba Balap Karung dan Bendera Indonesia Hiasi Google Doodle

Bintang.com, Jakarta Merdeka! Merdeka! Merdeka! 17 Agustus menjadi hari yang sangat istimewa bagi seluruh masyarakat Indonesia karena hari ini bangsa Indonesia merayakan Kemerdekaan atau HUT RI ke-73. Tidaklah heran jika Google Doodle hari ini, Jumat (17/8/2018), menampilkan bendera Indonesia dan lomba balap karung.

Google Doodle memang akan menampilkan sesuatu yang baru ketika ada hari istimewa yang harus diperingati atau pun dirayakan. Seperti hari ini, kamu yang mampir ke situs pencarian Google akan langsung melihat beberapa anak tengah lomba balap karung, lalu juga ada bendera Indonesia.

Bendera Indonesia yang berkibar tentunya menjadi gambaran bahwa Indonesia kini tengah merayakan hari kemerdekaannya, lalu lomba balap karungnya sendiri dibuat untuk memperlihatkan kemeriahan yang terjadi saat masyarakat di seluruh negeri merayakan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Di seluruh negeri, dari kota ke desa, Hari Kemerdekaan dimulai lebih awal dengan gotong royong membersihkan dan memperindah lingkungan. Spanduk dan bendera merah putih menghiasi rumah, toko-toko, dan sekolah-sekolah dalam persiapan menghelat lomba yang seru, seperi Lomba Balal Karung yang terlihat di Doodle hari ini," tulis Google dalam keterengannya.

“Lomba balap karung ini menjadi salah satu kegiatan yang selalu digelar jelang peringatan Hari Kemerdekaan RI. Selain itu ada kontes makan kerupuk, panjat pinang dan lainnya. Semua kompetisi tersebut dinilai raksasa pencarian internet ini sebagai cara yang menyenangkan untuk menghabiskan banyak waktu bersama teman dan keluarga. Dirgahayu Indonesia!," pungkas Google. Itulah makna lomba balap karung serta bendera Indonesia yang hiasi Google Doodle untuk merayakan HUT RI ke-73.

Tradisi Mempercantik Lingkungan untuk Rayakan HUT RI ke-73

Jelang hari kemerdekaan Indonesia biasanya masyarakat dari desa atau pun kota sudah mulai mempercantik lingkungan tempat tinggal mereka. Semuanya berhiaskan segala sesuatu yang berwarna merah dan putih. Paling tidak hal tersebut dilakukan sebulan sebelum 17 Agustus.

Tidak hanya rumah yang dipasangi bendera merah putih, di langit-langit setiap jalan, bahkan gang sempit pun akan ada hiasan menggantung yang dibuat dengan bahan seadaanya, biasanya gelas plastik bekas air mineral. Ya, tak peduli apa bahannya, semua terlihat lebih cantik dan lebih bermakna ketika dicat dengan warna merah dan putih.

Lomba 17 Agustus

Jika memperindah lingkungan tempat tinggal dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari kemerdekaan RI, maka ada kegiatan menarik yang dilakukan saat 17 Agustus. Ya, lomba Agustus-an seakan menjadi sebuah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, baik muda atau pun tua.

Anak-anak kecil dan orangtua akan berlomba untuk mendapatkan hadiah yang mungkin tak seberapa, tapi tetunya bukan soal hadiah yang penting, melainkan kebersamaan, kerjasama dan juga berbagi kebahagiaan. Sekali lagi, Dirgahayu Indonesia 73 Tahun, Merdeka!

;
Loading