Sukses

Lifestyle

Hal yang harus dilakukan setelah kamu berselingkuh dari pasangan

Fimela.com, Jakarta Tak peduli bagaimana bentuk perselingkuhannya, bagaimana terjadinya dan apa penyebabnya, perselingkuhan tetaplah perselingkuhan. Selanjutnya adalah; perlukah kamu mengakui kesalahan tersebut pada pasangan?

Memang selalu ada sebab akibat pada setiap hal yang terjadi, begitu pula dengan perselingkuhan yang menimpa hubungan kalian. Kamu dan pasangan pasti sama-sama punya opini dan pembelaan sendiri-sendiri. Namun, jangan sampai kamu dan dia menghabiskan waktu untuk mempertahankan pendapat masing-masing saja.

Perselingkuhan tak berarti hubungan kalian langsung berakhir. Itu cuma berarti kamu dan pasangan harus memperluas topik obrolan, mendengar lebih dalam, dan saling bicara lebih banyak. Kendati demikian, membicarakan perselingkuhan kepada pasangan selalu jadi kendala yang lain lagi.

Kamu yang tadinya berniat memperbaiki dengan membicarakannya bisa jadi malah merusak karena salah bicara. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi--atau setidaknya kamu tidak memperbesar kemungkinan rusaknya hubungan tersebut akibat dampak panjang dari perselingkuhanmu, ketahuilah hal-hal berikut sebelum kamu membicarakannya dengan pasangan.

Mengerti kalau pasanganmu belum tentu bisa memaafkan

Apa yang kamu lakukan tentu saja akan memberi dampak buruk bagi hubungan, juga bagi dirinya. Dia belum tentu bisa menerima apalagi memaafkan perbuatanmu, dan kamu harus hargai itu. Tidak perlu merasa memiliki seribu alasan yang tepat untuk mengkhianati pasanganmu.

 

Tidak perlu menceritakan detail

Kamu telah merusak kepercayaan dia, tidak perlu menyakitinya lebih jauh dengan menceritakan detail perselingkuhanmu dan membuat dia harus membayangkannya.

Kalau ingin melanjutkan hubungan pascaperselingkuhan, sepakati untuk terbuka pada topik ini

Bukan maksud untuk terus membahas kesalahan berulang-ulang, tapi untuk mengevaluasi diri dan hubungan yang kamu jalani. Sebab, apa yang kamu setujui kini belum tentu akan disetujui sampai nanti. Semua bisa berubah tergantung keadaan. So, pembicaraan mengenai topik ini berguna untuk 'memperbarui' kesepakatan yang ada antara kalian.

 

;
Loading