Sukses

Lifestyle

Alasan minum teh bisa bikin seseorang lebih kreatif

Fimela.com, Jakarta Pernah dengar jika kebiasaan minum teh bisa membuat seseorang semakin kreatif? Ternyata, beberapa penelitian menemukan hal ini benar adanya, orang yang banyak mengonsumsi teh lebih kreatif daripada beberapa orang lainnya yang hanya minum air putih.

Teh mengandung kafein dan theanine, berfungsi meningkatkan kecepatan mental, akurasi, dan fokus. Penelitian juga menemukan bahwa manfaat dari mengonsumsi tidak bisa langsung dirasakan, namun membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 60 menit.

Dilansir dari nypost.com, Kamis (11/10/2018), para peneliti dari Peking University, Cina menyatakan bahwa teh memiliki efek mental yang positif. Mereka menemukan bahwa teh dapat meningkatkan suasana hati dan membantu orang- orang yang mengonsumsinya untuk merasa lebih santai, dengan cara yang mirip seperti meditasi.

 

2 dari 3 halaman

Studi yang membuktikan teh bisa membuat seseorang menjadi lebih kreatif

Mick Jagger, Albert Einstein, dan C. S. Lewis adalah beberapa orang terkenal yang hobi minum teh. Pemimpin studi di Yan Huang membuat sebuah percobaan selama 20 menit kepada 90 orang siswanya.

Setengah dari peserta dalam setiap tes harus minum satu cangkir teh, tiga menit sebelum tugas mereka dimulai. Setengah peserta lainnya diharuskan minum air putih.

Pada tes pertama, semua peserta diminta untuk membuat konstruksi menarik dari blok bangunan. Sedangkan tes kedua, mereka diminta membuat nama untuk restoran mie yang baru.

3 dari 3 halaman

Hubungan antara makanan atau minuman dengan fungsi kongnitif seseorang

Hasilnya, para peserta yang minum teh mendapatkan nilai rata-rata 6,54 poin dalam tes blok bangunan dan 4,11 untuk tes nama restoran mie. Para peserta yang minum air putih mencetak nilai 6,03 untuk tes blok bangunan dan 3,78 untuk tes nama restoran mie.

Dari hasil studi tersebut disepakati bahwa minum teh dapat meningkatkan kinerja kreatif dengan pemikiran yang berbeda. Sudah minum teh hari ini?

: