Sukses

Lifestyle

Alasan Ikan Laut Dapat Membuat Anak Lebih Cerdas

Fimela.com, Jakarta Menjadikan anak cerdas memang tugas setiap orangtua. Sayangnya masih banyak orangtua yang bingung bagaimana menjadikan anak-anak mereka berprestasi.

Prof. DR. Ir. AIi Khomsan, M.Si, ahli nutrisi, mengatakan meningkatakan kecerdasaran anak bisa dari nutrisi, lingkungan, dan genetik. Namun, genetik hanya menyumbangkan lima persen saja membuat anak menjadi cerdas.

Untuk itu, orangtua harus lebih memperhatikan nutrisi dan lingkungannya. Untuk nutrisi, Prof. Ali mengatakan sebaiknya berikan anak makananan yang mengandung asam lemak atau omega 3 yang baik untuk otak.

“Otak terdiri dari banyak lemak, untuk itu makan omega 3 atau asam lemak lebih dibutuhkan untuk membuat anak cerdas,” ujarnya saat ditemui dalam acara “Sarden ABC Bantu Jadikan Anak Indonesia Yang Tercerdas di Dunia”, di Jakarta, Jumat (9/11).

Prof Ali mengatakan, Omega 3 bisa didapatkan dari ikan laut. Nutrisi protein, Omega 3 dan Omega 6 yang terkandung dalam ikan terutama banyak ditemukan pada ikan sarden, merupakan komponen nutrisi yang penting untuk mendukung performa dan kebaikan otak.

“Sudah banyak studi yang membuktikan korelasi konsumsi ikan dengan kepintaran, karena ikan merupakan makanan sarat akan ”Utrisi baik untuk otak dan terbukti konsumsi ikan dapat membuat anak pintar," ucap Prof. Ali.

Lebih lanjut Prof Ali mengatakan, sebaiknya mengonsumsi ikan laut seminggu tiga kali atau seminggu sekali.

“Ada survei membandingan anak 12 tahun makam ikan sebulan sekali dan seminggu sekali. Lalu ada perbedaan pada kedua anak tersebut, yang makan ikan sering IQ 7 poin berbeda dengan yang makan ikan sebulan sekali,” ucapnya.

2 dari 2 halaman

Kecerdasan anak Indonesia

Menurut penilaian PISA (Programme for International Student Assessment), prestasi dan kepintaran anak Indonesia usia 15 tahun berada di posisi 62 diantara 72 negara Iain yang diukur dari kombinasi antara kemampuan membaca, sains dan matematika. Fakta yang Iebih memprihatikan peringkat terus bertahan dan tidak menunjukkan kenaikan yang signifikan seIama bertahun-tahun.

Melihat hal tersebut, merek ternama Sarden ABC membantu meningkatkan perkembangan otak anak, dalam program ABC Sobat Cerdas.

“Program ini adaIah program aktivasi sekolah yang bertujuan membantu anak-anak Indonesia dengan program pelatihan yang tepat dan nutrisi yang diperlukan untuk meningkat perkembangan otak,” ujar Dhiren Amin, Head of Marketing Kraft Heinz ABC, South East Asia.

ABC Sobat Cerdas adaIah program aktivasi sekolah yang akan mengunjungi sekolah demi sekolah dan memberikan asupan gizi yang tepat untuk anak-anak usia 10 12 dalam bentuk Sarden ABC. ABC Sobat Cerdas menargetkan 100 sekolah hingga akhir 2019. ABC juga akan mendistribusikan “Sarden ABC The Brainy 300k” yang berisi soaI-soal Iatihan seperti membaca, sains, dan matematika yang sesuai dengan kriteria penilaian PISA.

ModuI pelatihan di dalam buku Sarden ABC: The Brainy Book dirancang bersama Doddy Feryanto (President Commisioner dan Mathematic Coach EduPiad) dan tim Indonesia Mengajar bersama Quantum Learning & Brain Based Teaching Method untuk memastikan pelatihan yang tepat untuk para siswa. Selain itu, buku ini juga memiliki infomasi nutrisi dan resep-resep masakan yang baik untuk menunjang otak yang dapat diimplementasikan di rumah oleh para ibu agar anak semakin pintar.