Sukses

Lifestyle

7 Makanan Antioksidan Tinggi Wajib Ada Di Rumah

Fimela.com, Jakarta Ada banyak makanan tinggi antioksidan yang wajib dikonsumi untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bebas penyakit. Antioksidan dibuthkan tubuh untuk mengurangi radikal bebas dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh secara umum.

Antioksidan paling banyak didaptkan dari maana berupa sayur dan buah. Ini sekian makanan yang mengandung antioksidan tinggi dilansir dari Healthline.

1. Dark Chocolate

Dark cokelat mengandung antioksidan tinggi yang membantu menurunkan inflamasi. Menurut analisis FRAP dark cokelat memiliki 15 mmol antioksidan per 100 gram-nya, melebihi blueberry dan raspberry. Antioksidan ini juga mampu menurunkan kolesterol.

2. Blueberry

Blue berry bukan hanya rendah kalori namun juga tinggi antioksidan, sebesar 9.2 mmol antioksidan per 100 gram-nya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah ini menjadi yang paling tinggi antioksidan dari kategori buah dan sayur.

3. Strawberry

Stroberi mngandung antioksidan tinggi, terutama vitamin C, mengandung 5.4 mmol antioksidan per 100 gram-nya. Strawberry juga mengandung antosianin (pemberi warna merah) yang mampu menurunkan kolesterol.

4. Kale

Kale adalah sayuran hijau yang tinggi folat dan antioksidan yang mampu mencegah kanker. Terdapat 2,7 mmol antioksidan per 100 gram-nya dan efektif menjaga kesehatan tulang dan tubuh secara umum.

5. Kubis merah

Kubis merah memiliki kandungan antioksidan tinggi dibanding kubis putih. Warna merahnya mennandakan antioksidan antosianin yang berfungsi meredakan inflamasi, melindungi jantung dan menurunkan risiko kanker.

6. Bit

Buah bit dengan kandungan warna merahnya, mengandung 1.7 mmol antioksidan dalam 100 gram-nya. Rajin makan buah bit bisa menurunkan kolesterol, tekanan darah tinggi dan mencegah kanker.

7. Bayam

Bayam dengan kandungan serat tinggi juga mengandung antioksidan tinggi, yaitu 0.9 mmol dalam 100 gram-nya. Lutein dan zeaxanthin adalah dua jenis antioksidan yang membantu melindungi mata dari sinar UV.

Jadi, selalu siapkan makanan tinggi antioksidan ini di rumah dan jadikan menu makan harian ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading