Sukses

Lifestyle

Tips Menyimpan Tepung agar Awet dan Tidak Berkutu

Fimela.com, Jakarta Suka membuat kue atau memasak menggunakan tepung, satu hal yang paling penting ketika memutuskan beli banyak jenis tepung adalah cara menyimpannya. Karena ketika tepung tidak disimpan dengan benar maka akan berbau tengik atau bahkan ditumbuhi jamur dan berkutu.

Dilansir dari Thespruceeats, ada sekian cara menyimpan tepung yang baik dan tepat agar tahan lama, awet dan tidak berkutu.

1. Simpan di frezer dulu

Masukkan tepung yang masih di dalam plastik ke dalam freezer selama 48 jama lamanya untuk membunuh kumbang atau telur serangga yang kemungkinan ada di dalamnya.

2. Simpan dalam wadah plastik atau kaca tertutup

Setelah itu keluarkan dan pindahkan ke dalam wadah yang bisa tertutup rapat berbahan plastik atau kaca. Wadah tertutup rapat bisa mencegah tepung dari kelembapan dan memastikan serangga tidak bisa masuk. Ini juga cara terbaik menjaga baunya tidak berubah.

3. Simpan di tempat sejuk

Tepung sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk namun jauh dari sinar matahari, tidak lembap dan gelap, apalagi di dalam lemari terlalu lama.

4. Jangan mencampur tepung baru dengan yang lama

Kunci paling penting lainya adalah tidak mencampurkan tepung lama dengan yang baru. Pisahkan dan habiskan dulu tepung lama sebelum memakai tepung baru. Jika ingin mencampurkannya, pastikan kondisi tepung lama masih baik, tidak berbau, berubah warna bahkan berkutu.

Jadi, itu dia sekian cara menyimpan tepung agar awet dan tidak berkutu. Tuliskan tanggal setiap kali membeli tepung agar menegtahui lama menyimpan tepung. Yuk terapkan!

;
Loading

Live Streaming

Powered by