Sukses

Lifestyle

Selamat Ulang Tahun Eyang Titiek Puspa

Jika ditanya siapa salah satu seniman Indonesia yang masih bertahan dari dulu sampai sekarang di dunia hiburan Titiek Puspa adalah salah satu diantaranya. Eyang Titiek Puspa pada hari ini tengah berbahagia karena merayakan hari jadinya yang ke-77 tahun.

Titiek Puspa mempunyai nama asli Sudarwati, yang kemudian diubah oleh keluarganya menjadi Kadarwati dan terakhir namanya kembali diubah menjadi Sumarti. Nama putri pasangan Tugeno Puspowidjojo dan Siti Mariam ini berasal dari kata Titiek yang merupakan nama panggilannya sehari-hari dan Puspa yang berarti bunga dari nama bapaknya. Perempuan kelahiran Tanjung, Kalimantan Selatan, 1 November 1937 ini, adalah seorang seniman profesional yang telah menggeluti seni musik, peran, bintang iklan, koreografer dan teater.

Eyang Titiek Puspa ini berzodiak Scorpio. Orang Scorpio ini rajin bekerja dan penuh tanggung jawab. Ambisi dan semangatnya pun tinggi. Ia juga penuh bakat dan mau bekerja keras. Dengan kecerdasan dan kepandaiannya yang tersimpan, ia tak pernah mengalami kesulitan yang cukup berarti.

Padahal awalnya Titiek adalah seorang perempuan yang suka menyanyikan lagu jawa namun lingkungan dan kultur tidak mendukungnya. Sebelum menjadi Juara Bintang Radio Jenis Hiburan tingkat Jawa Tengah (1954), perempuan sebelas saudara ini pernah mengikuti festival musik tanpa setahu orang tuanya. Nama Titiek Puspa adalah salah satu upayanya untuk menyembunyikan identitasnya. KARIR Kemenangannya sebagai juara kedua Bintang Radio RRI Semarang itulah, kemudian memperkenalkan dirinya dengan Sjaiful Bachri, pimpinan Orkes Simphony Djakarta. Di mana saat malam anugerah penyerahan hadiah dirinya menyanyikan Chandra Buana, karya pahlawan nasional Ismail Marzuki dengan diiringi grup musik tersebut. Tidak lama kemudian Titek Puspa menjadi penyanyi tetap grup tersebut. Perempuan yang pernah meraih BASF Award ke-10 untuk kategori Pengabdian Panjang di Dunia Musik (1994) itu, mengawali rekaman pada 1955 di Semarang. Setahun kemudian Titiek kembali masuk dapur rekaman di perusahaan rekaman Irama, dengan satu lagu melayu. Terus-bergulir, hingga Titiek menghasilkan puluhan album.

Sampai detik ini Eyang Titiek Puspa masih saja berkarya di dunia entertainment Indonesia.

Vemale sekali lagi mengucapkan selamat ulang tahun pada eyang Titiek Puspa, semoga apa yang diinginkan bisa tercapai.

Simak zodiak terbaru Anda di halaman ini yuk Ladies.

(vem/ivy)
Loading