Sukses

Lifestyle

Melissa Sunjaya, Sosok Imajinator Kreatif yang Sukses dengan Produk Buatan Tangan

Passion saja tak cukup untuk membangun bisnis sendiri. Perlu ada kreativitas, komitmen, dan konsistensi yang kuat jika ingin menciptakan usaha yang sukses. Seperti yang dirasakan langsung oleh Melissa Sunjaya. Sejak mendirikan Butik Tulisan pada Januari 2010 lalu, ia terus mengasah kreativitas tanpa batas dan berjuang meraih semua mimpi-mimpinya.

Melissa mendirikan Butik Tulisan karena ia ingin terus melukiskan renungan dan menanamkan emosi ke lingkungan sekitarnya. Ia pun selalu mendorong dirinya untuk mengungkapkan kemungkinan yang imajinatif tentang kota Jakarta. Segala pekerjaan tangan seperti metode mencetak yang berbeda khususnya batik tulis dan sablon ia lakoni. Tujuannya agar ia bisa menciptakan produk buatan tangan dengan sentuhan berbeda dan original.

Foto: dok. Vemale

"Ide awal adalah untuk menciptakan edisi seni ilustrasi dan menerapkannya pada produk sehari-hari, yang 100% dibuat di Jakarta. Dengan bermodal 5 juta saya membeli 100 meter kain katun kanvas dari toko penjual sisa ekspor dan memotong gulungan kain ini menjadi bagian-bagian kecil," kata Melissa Sunjaya saat ditemui Vemale pada pembukaan Butik Tulisan miliknya di Plaza Senayan Jakarta Pusat, Rabu 25 Maret 2015.

Melissa memulai membuat karya dengan pena dan menulis cerita pendek untuk menemani ilustrasinya. Kemudian sketsa asli tersebut diolah menjadi beberapa komposisi dan disablon secara manual di atas potongan kanvas kecil tadi.

Foto: dok. Vemale

"Dari awal sampai akhir setiap produk Tulisan dibuat oleh kumpulan seniman yang penuh abdi di Indonesia. Tim saya terdiri dari segelintir individu yang bertekad untuk memuliakan intuisi mereka dan mencerminkan potensi terbaik dari diri mereka," jelasnya.

Produk pertama Melissa ialah serbet, celemek dan sarung bantal, yang ia buat di garasi rumahnya dengan menggunakan mesin jahit dari tahun 1940-an milik neneknya. Wah, benar-benar unik ya.

Foto: dok. Vemale

"Tantangannya ialah menemukan bengkel atau pabrik yang menghasilkan kerajinan buatan tangan dan yang juga menghormati para pengrajin yang bekerja untuk mereka," tutup Melissa.

Melissa Sunjaaya adalah salah satu sosok wanita inspiratif yang sukses dengan karya-karya kreatifnya. Ladies, yuk kita tiru semangat Melissa dalam berkarya. Setiap wanita pasti punya kelebihan dan passion di bidang masing-masing. Yang perlu dilakukan adalah berkomitmen kuat untuk mengembangkan kelebihan yang kita miliki dengan baik.

(vem/yun/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading