Sukses

Lifestyle

4 Cara Praktis Agar Tidak Menangis Saat Memotong Bawang Merah

Saat mengupas bawang merah, tidak jarang akan membuat seseorang menangis. Menangis saat memotong bawang merah ini sendiri pada dasarnya tidak terjadi karena seseorang sedang bersedih. Hal ini terjadi karena senyawa dalam bawang merah bisa membuat mata menjadi pedih dan akhirnya mengeluarkan air mata.

Perlu kita tahu, saat kita mengiris bawang, senyawa yang terdapat di dalam bawang merah akan bereaksi dengan suatu enzim tertentu sehingga menghasilkan asam sulfenat. Karena asam sulfenat bersifat tidak stabil, hal ini akan mendorong senyawa lain yakni propanetiol S-oksida menguap lebih cepat dan mudah. Uap dari propanetiol S-oksida inilah yang nantinya akan membuat mata pedih hingga seseorang menangis.

Lantas, bagaimana agar saat memotong bawang merah mata tidak pedih dan tidak menangis? Sebenarnya ada cara praktis dan mudah agar tidak menangis saat memotong bawang. Berikut adalah cara tersebut. Simak baik-baik dan semoga bermanfaat.

    Memotong Bawang Merah di Dekat Kipas Angin

    Usahakan untuk mengupas atau memotong bawang merah di tempat yang memiliki angin cukup kencang. Angin yang kencang akan membuat senyawa penyebab mata pedih dengan mudah terbang dan menjauh dari diri Anda. Anda bisa memotong bawang merah di samping atau bawah kipas angin yang menyala.

    Mengunyah Permen Karet

    Mengunyah permen karet bisa menjadi cara mudah agar tidak menangis saat mengupas dan memotong bawang merah. Dengan mengunyah permen karet inilah, otot wajah dan mata akan bergerak dengan baik. Saat otot wajah bergerak, hal ini akan mencegah mata pedih. Mengunyah juga akan membuat Anda lebih cepat menghirup uap bawang sebelum ia sampai ke mata Anda.

    Meletakkan Garam di Dekat Anda

    Meletakkan garam di dekat Anda saat memotong bawang merah juga menjadi cara mudah agar tidak menangis. Hal ini terjadi karena garam bisa menjadi penetral uap bawang sebelum mengenai mata Anda.

    Dinginkan Bawang Merah

    Agar bawang merah tidak membuat mata pedih, pastikan untuk merendamnya dengan air es atau memasukkan bawang merah ke dalam lemari pendingin. Saat bawang merah dikupas dan dipotong dalam keadaan dingin, hal ini akan membuatnya tak lagi pedih di mata.

Ladies, itulah beberapa cara praktis dan mudah agar tidak menangis saat memotong bawang. Selain cara di atas, ada cara lain yakni menggigit korek api saat memotong bawang merah, memotong bagian atas bawang terlebih dahulu, membiarkan akar bawang tetap utuh saat dipotong dan menempatkan cuka atau air asam di atas talenan yang digunakan sebagai tempat memotong bawang. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba cara di atas ya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading