Sukses

Lifestyle

Sajian Lebaran Sedap, Rengginang Terasi yang Gurih dan Renyah

Rasa gurih dan renyah pada rengginang memang sangat mengesankan. Apalagi, jika rengginang yang gurih dan renyah ini merupakan sajian hari lebaran dan dinikmati bersama keluarga tercinta. Sebagai salah satu kue atau kerupuk tradisional Indonesia, nampaknya tidak banyak orang yang bisa membuat rengginang sendiri di rumah. Bukannya tak bisa sih, kebanyakan malas saja untuk membuat rengginang sendiri dan memilih beli rengginang mentah lantas kita tinggal menggorengnya saja.

Kalau ngomongin rengginang sebagai sajian lebaran, nggak ada salahnya jika kita mencoba membuat sendiri rengginang di rumah. Dengan membuat rengginang sendiri di rumah, untuk kebersihan dan kesehatan rengginang tentunya bisa terjamin kan? Untuk membuat rengginang sendiri pada dasarnya sangat mudah kok. Seperti apa caranya? Simak resepnya di bawah ini.

Bahan

  • 250 gram beras ketan
  • Air (kurang lebih 100 ml)

Bumbu

  • Garam (secukupnya)
  • 2 siung bawang putih (haluskan)
  • 1 sdt terasi bakar (haluskan)

Cara Membuat

  1. Rendam beras ketan kira-kira selama 30 menit. Jika sudah, angkat lalu tiriskan.
  2. Siapkan panci untuk mengukus ketan yang sudah ditiriskan. Kukus beras ketan kira-kira selama 15 menit. Jika sudah, angkat beras ketan dan sisihkan sebentar.
  3. Di panci berbeda, rebus air dan tambahkan garam, bawang putih serta terasi. Rebus semua bahan ini hingga larut dan air mendidih.
  4. Ketika air sudah mendidih, masukkan beras ketan ke dalam panci dan rebus sebentar sambil diaduk hingga air asat (cukup kering).
  5. Selanjutnya, kukus lagi beras ketan yang telah direbus hingga matang dan ketan empuk. Jika sudah, angkat dan cetak ke dalam loyang. 
  6. Kamu bisa mencetak rengginang dengan bentuk bulat, kotak atau segitiga dan sesuai selera. 
  7. Jemur rengginang di bawah sinar matahari langsung hingga kering. Biasanya, bila matahari terik rengginang ini bisa kering hanya dalam satu hari saja.
  8. Jika rengginang sudah kering dan suhunya dingin, kamu bisa menggorengnya. Goreng rengginang hingga warnanya kuning kecokelatan dan sajikan untuk keluarga tercinta.

Itulah bagaimana resep membuat rengginang sebagai sajian lebaran. Resep yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba resep ini dan selamat menyambut lebaran bagi kamu yang beragama muslim. Buat kamu yang hari ini puasa, selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga, informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)
Loading