Sukses

Lifestyle

Hobi Belanja Bukan Alasan untuk Tidak Bijak Mengolah Keuangan

Kamu seorang yang gemar belanja? Rasanya tidak tahan untuk tidak belanja saat ada barang terbaru atau diskon yang seringkali membuat gajimu hilang entah kemana. Hmm, jangan buru-buru menganggap hobi belanja adalah suatu hal yang buruk. Menurut penelitian belanja baik untuk mengobati stres. Tapi, ingat meskipun baik untuk mengobati stres usahakan hobi belanja kamu ini masih dalam kondisi wajar ya.

Ladies, berikut ini adalah tips mengolah keuangan bagi kamu yang hobi belanja. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Hitung dengan Detail Pendapatanmu

Sebelum memutuskan untuk belanja, hitung dengan jelas berapa pendapatan kamu dalam satu bulan. Jika memang pendapatan kamu hanya pas-pasan jangan memaksakan diri untuk belanja yang berlebihan. Penuhi segala kebutuhan kamu, dan jangan lupa untuk menyisihkan gajimu untuk tabungan.

Hal ini penting kamu lakukan agar keuangan kamu tetap stabil, meskipun kamu memiliki hobi belanja.

Buat Anggaran yang Realistis

Setelah menghitung jumlah pendapatan kamu selama satu bulan, pastikan kamu membuat anggaran yang realistis. Jangan sampai hobi belanja kamu justru membebanimu. Belajarlah untuk disiplin dengan anggaran yang sudah kamu buat. Jangan memaksakan diri untuk belanja lebih dari jumlah anggaran.

Rajin Membandingkan Harga

Bandingkan harga sebelum membeli/Copyright Shutterstock

Sst, ini memang terlihat membutuhkan sedikit usaha. Rajinlah membandingkan harga antara satu toko dan toko lainnya. Jangan mudah terjebak dengan harga diskon. Pastikan kamu mengetahui harga normal sebelum diskon. Hal ini penting agar kamu tidak terjebak dengan 'harga palsu' sehingga harga promo yang kamu dapat benar-benar harga paling murah.

Kamu dapat membandingkan harga dengan cara online. Jadi, manfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin.

Kurangi Barang Lama untuk Tempat yang Baru

Kamu suka membeli baju, sepatu atau buku? Hmm, sebelum membeli yang baru kurangi barang-barang lama. Kamu dapat menjualnya dengan harga yang lebih murah. Berikan ruang untuk barang yang akan kamu beli dengan mengurangi barang yang sudah kamu miliki. Uang yang kamu peroleh dapat menambah penghasilan kamu loh, dan tentu saja lemari kamu menjadi lebih lega.

Tidak ada salahnya bukan, menjual sebagian barang yang sudah tidak kamu pakai lagi?

Buat Jadwal Belanja

Buat jadwal belanja, hal ini penting untuk mengatur kapan kamu berbelanja. Sebab jika semakin sering kamu belanja maka kamu akan semakin tergoda untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan. Pilih akhir pekan untuk berbelanja dan agar mendapatkan penawaran harga terbaik.

Ladies, demikian 5 cara untuk mengolah keuangan jika kamu memiliki hobi belanja. Yuk, bijak dalam belanja. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Cermat Belanja Produk Kecantikan agar Tidak Terbuang Sia-sia
Artikel Selanjutnya
Berbagai Fasilitas Memudahkan Perempuan Belanja Online